Papua

Kastara.ID, Timika – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dijadwalkan meninjau dan menyaksikan secara langsung latihan penerjunan prajurit Batalyon di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua, hari ini (29/11).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel CPL Eko Daryanto mengatakan, kegiatan penerjunan di Bandara Timika akan melibatkan ratusan prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma yang berpusat di Cicalengka, Jawa Barat.

Eko menjelaskan, Panglima TNI dan Kapolri akan kembali ke Wamena untuk mengikuti kegiatan Kemah Kebaktian Rohani (KKR) bersama masyarakat.

Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan tiba di Timika dari Wamena, pada Kamis (28/11). Panglima TNI dan Kapolri langsung menggelar pertemuan tertutup dengan jajaran pimpinan TNI dan Polri yang juga dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw.

Pertemuan itu pun dihadiri Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala BAIS dan petinggi TNI-Polri lainnya.

Eko mengatakan, kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di Papua selama beberapa hari terakhir tidak ada kaitan khusus dengan antisipasi pengamanan menghadapi 1 Desember 2019 yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka.

Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan KKR di Wamena dan Jayapura (dilaksanakan tanggal 4 Desember), pihak TNI dan Polri mengundang Pendeta Gilbert Lumoindong dari Jakarta untuk berbagi pengalaman sekaligus memberikan peneguhan iman kepada umat Kristiani di Tanah Papua menyambut Natal tahun ini. (yan)