Susy Dwi Harini

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta tengah fokus menyelesaikan tujuh Kegiatan Strategis Daerah (KSD) hingga akhir tahun ini.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos DKI Jakarta Susy Dwi Harini mengatakan, tujuh KSD yang tengah diselesaikan tahun ini meliputi peningkatan kesejahteraan lansia melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ), pemenuhan Universal Health Converage (UHC), pencegahan dan penanganan kekerasan perempuan dan anak melalui unit reaksi cepat dan rumah aman.

Kemudian peningkatan aksebilitas penyandang disablitas, peningkatan ketahanan pangan, pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) tahun 2019, serta pengentasan kemiskinan melalui intergrasi bantuan sosial.

“Semua sedang berproses dan sudah terlaksana semua,” ujarnya, Kamis (28/11).

Ia mencontohkan, salah satu KSD yang dikerjakan yakni pembagian KLJ untuk 40 ribu lansia di Jakarta. Masing-masing lansia penerima KLJ mendapatkan dana bantuan sosial sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya. Termasuk fasilitas gratis menumpang bus Transjakarta di 13 koridor dan mendapatkan pangan bersubsidi.

“Tahun ini ada sekitar 40 ribu lansia yang menerima. Tahun depan kita targetkan 77 ribu KLJ. Integrasi bantuan sosial sudah sesuai tahapan yang kita rencanakan,” tandasnya. (hop)