COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan obat Covid-19 buatan Pfizer, Paxlovid akan didatangkan pada Januari 2022 mendatang.

Kepastian tersebut seiring dengan pemberian izin penggunaan Paxlovid sebagai pil antivirus Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

“Obat obatan baru kita siapkan. Dua yang sudah diapprove FDA, Monupilavir dan Paxlovid. Insya Allah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Menko PMK, Rabu (29/12).

Kendati begitu, Menkes Budi belum bisa menyampaikan secara detail kapan tanggal kedatangan pil Covid-19. Dia pun tidak menyebut berapa jumlah Paxlovid yang bakal didatangkan.

Sebagai informasi, Paxlovid diklaim efektif mencegah kematian hingga 90 persen dan mencegah rawat inap hingga 70 persen. Pfizer menyebut uji coba diberikan kepada orang yang berisiko tinggi dan telah divaksinasi. Alhasil, mereka tak ada yang meninggal dunia.

Indonesia pun sudah mengincar Paxlovid produksi Pfizer sejak beberapa waktu lalu. Selain itu, pemerintah juga menargetkan dapat menggunakan obat Covid-19 dari perusahaan Merck, Molnupiravir.

Sejauh ini, pemerintah Indonesia menggunakan 6 jenis obat sebagai pilihan pengobatan pasien Covid-19 bergejala sedang-berat dengan pengawasan dokter. Di antaranya Favipiravir, Remdesivir, Tocilizumab, IVIg, Oseltamivir, Azithromycin, dan Ivermectin. (ant)