Kastara.ID, Kakarta – Genangan akibat hujan pada empat ruas jalan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading, Rabu (30/1) siang mulai sudah surut. Arus lalu lintas di Jl Boulevard Barat, Bukit Gading Indah Pegangsaan Du,a dan Jl Kelapa Hibrida yang sempat tersendat pun kembali normal.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana menjelaskan, air mulai menggenangi ruas jalan tersebut sekitar pukul 03.00 dan puncaknya sekitar pukul 04.30.

“Sejak pagi kita sudah kerahkan 60 satgas melakukan penanganan dibantu dua unit pompa alkon. Sekarang ketinggian air surut,” ujarnya, Rabu (30/1).

Dijelaskan Rukmana, ketinggian muka air di Jl Boulevard Barat, Bukit Gading Indah Pegangsaan Dua, dan Jl Kelapa Hibrida   berkisar antara 10-30 sentimeter, akibat Kali Betik sudah tidak dapat menampung debit air dari curah hujan.

Sedangkan genangan di Jl Boulevard Barat dan Pegangsaan Dua terjadi lantaran kondisi saluran terganggu proyek pembangunan enam ruas jalan tol. Sedangkan genangan di Jl Bukit Gading Indah lantaran Kali BGR yang mengalir ke Kali Betik meluap.

Untuk mengatasi kondisi tersebut pihaknya mengaktifkan Pompa Boulevard Utara dua unit masing-masing berkekuatan 500 liter perdetik dan tiga unit Pompa Hibrida masing-masing 250 liter perdetik. Hasilnya, genangan di Jl Pegangsaan Dua dan Boulevard Barat sudah surut sekitar pukul 08.00 tadi.

“Kelapa Hibrida surut sekitar pukul 10.00. Kalau di BGI surut sekitar pukul 11.00 tadi,” tandasnya. (hop)