Menpora-Kapolri MoU Pengamanan, Pengawasan, dan Peningkatan SDM Pemuda dan Olahraga

Kastara.ID, Jakarta – Menpora Imam Nahrawi menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kapolri Tito Karnavian, di Gedung Tribrata, Jl Dharmawangsa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/1) pagi. Nota Kesepahaman (MoU) ini tentang pengamanan, penegakan hukum, pengawasan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kepemudaan dan keolahragaan.

MoU yang baru saja ditandatangani memiliki ruang lingkup yang meliputi pertukaran data dan/atau informasi, penerbitan rekomendasi dan/atau pemberian izin penyelenggaraan kegiatan kepemudaan dan kejuaraan olahraga, serta fasilitasi pemanfaatan sarana dan prasarana.

“MoU ini untuk membakukan kerja sama antara Kemenpora dengan pihak kepolisian yang selama ini sinergitas sudah bagus. Ini sebagai payung hukum seandainya ada persoalan dan permasalahan itu lebih enak pengawalannya serta mobilitasnya,” jelas Sesmenpora usai mendampingi Menpora dalam penandatanganan.

Baca Juga:  Rotasi di Tubuh Kapolri, Idham Aziz Jabat Kabareskrim

Untuk menindaklanjuti ditunjuk masing-masing pihak sebagai penanggung jawab, yaitu Sesmenpora dan Asisten Kapolri Bidang Operasi untuk membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) menjadi bagian tidak terpisahkan dalam tataran implementasi.

Adapun jangka waktu Nota Kesepahaman adalah paling lama lima tahun yang berlaku sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan para pihak. “Iya, penanggung jawabnya kalau di kita saya (Sesmenpora), di sana adalah Asop Kapolri. Nanti akan membuat semacam PKS-nya (Perjanjian Kerja Sama). Ini masih panjang dan segera ditindaklanjuti supaya MoU ini tidak paper only (hanya di atas kertas), tetapi detailnya seperti apa dan harus ada targetnya, 6 bulan ini apa, 6 bulan selanjutnya apa, 1 tahun berikutnya apa,” tambahnya.

Baca Juga:  Polisi Bantah Gerebek Rumah Andi Arief di Lampung

Selain Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, para pejabat Kemenpora yang turut serta mendampingi antara lain Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Staf Ahli Hukum Olahraga Samsudin, Sesdep Pemberdayaan Pemuda Eka Sukmawijaya, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga Dwijayanto Sarosa Putera, dan Karo Perencanaan dan Organisasi Aris Subiono. (mar)