Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Kastara.ID, Depok – Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sawangan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Sawangan, Jalan Raya Muchtar, bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Depok, Kamis (30/1).

Wali Kota Depok Mohammad Idris secara simbolis memberikan kartu KKS dan PKH kepada 599 keluarga warga Sawangan yang sudah terdaftar melalui Basic Data (DTS) kemudian diperbaharui melalui Data Terpadu Kesejakteraan Sosial (DTKS) yang selalu di-update melalui Dinas Sosial Kota Depok.

”Pada prinsipnya Pemerintah Kota Depok menginginkan masyarakat Depok sejahtera melalui sembako murah maupun PKH untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan sehari-hari, tentunya di sertai dengan ada pendamping yang mengawasi kebutuhannya dari Dinas Sosial Depok,” ujar Wali Kota Depok.

Agar pendamping dari SDM PKH ini tepat sasaran dalam kebutuhan masyarakat Depok dalam mengatasi kemiskinan, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Dinas Sosial Kota Depok untuk tahun 2020 menargetkan 10 persen dari total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta PKH agar bisa keluar dari zona kemiskinan. Untuk saat ini jumlah KPM peserta PKH Kota Depok 27.955 keluarga.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok Tri Redjeki Handayani mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya salah satunya dengan cara peningkatan kapasitas mutu pendamping PKH. (*)