Aero Swingarm(motogp.com)

Kastara.ID, Termas – Selasa (26/3) lalu, Pengadilan Banding Federasi Balap Motor Internasional (FIM), menolak protes yang diajukan Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia atas perangkat aerodinamika Ducati.

Menyusul putusan final FIM, skuat berlogo sayap tunggal rupanya berencana mendapatkan homologasi dengan membawa komponen serupa ke MotoGP Argentina. Namun Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, menolak perangkat aerodinamika swingarm milik Honda.

Seperti yang dilansir Motorsport.com, perwakilan Honda diketahui telah menemui Aldridge pada Kamis (28/3) lalu. Namun, ia menolak ketika diberitahu apa fungsi perangkat aerodinamika tersebut.

Tampaknya langkah Honda adalah upaya yang disengaja untuk menyoroti masalah regulasi dan keputusan FIM saat ini.

Bahkan CEO Aprilia Racing Massimo Rivola mengatakan bahwa pabrikan lain kemungkinan mencoba menghomologasi desain yang identik seperti Ducati, tetapi dibuat demi aerodinamika.

“Saya ingin tahu apa yang akan terjadi jika seseorang menghadirkan solusi sama dengan Ducati, namun alih-alih merujuk pada pendinginan ban belakang, secara terbuka mengakui tujuannya untuk menghasilkan aerodinamika?” tanya Rivola.

Aprilia diketahui juga tengah mengerjakan perangkat aerodinamika swingarm berdasarkan desain sendiri. Dan tidak akan mengejutkan jika Suzuki serta KTM bakal mengikutinya.

Sedangkan skuat garpu tala Yamaha tetap tak berkomentar perihal kasus aerodinamika Ducati, atau pun soal putusan FIM. (lan)