Hoaks

Kastara.ID, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan, tidak ada penutupan akses jalan di DKI Jakarta, baik jalan tol maupun non tol. Yusri menyebut informasi yang berkembang di media sosial tentang penutupan sejumlah ruas jalan adalah berita bohomg atau hoaks.

Saat memberikan keterangan pada Senin (30/3), Yusri menjelaskan, kepolisian hanya tengah melakukan simulasi atau latihan. Hal ini dalam rangka persiapan pengamanan menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Polda Metro Jaya. Itulah sebabnya Yusri meminta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu khawatir.

Pernyataan serupa juga diunggah di akun resmi @TMCPoldaMetro. Dalam cuitan yang diunggah pada Senin (30/3), disebutkan seluruh jalur beroperasi normal tanpa ada penutupan. Jalan tol dan jalur arteri beroperasi normal seperti biasa.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memerintahkan seluruh Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya membuat rencana pengamanan dan penutupan sejumlah ruas jalan. Hal ini dalam rangka mengantisipasi pandemi virus corona atau Covid-19 yang tengah melanda ibukota. Perintah tersebut tertuang dalam surat telegram nomor STR/414/III/OPS.2./2020 yang ditandatangani oleh Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto.

Dalam surat tersebut, Kapolda Metro Jaya meminta seluruh Kepala Bagian Operasional Polres menyiapkan data terkait rencana pengamanan untuk penutupan jalan keluar-masuk Jakarta.

Perintah tersebut bertujuan untuk melakukan pemetaan situasi keramaian lalu lintas di masing-masing wilayah. (ant)