MotoGP Belanda 2019(motogp.com)

Kastara.ID, Assen – Pembalap Yamaha Maverick Vinales akhirnya keluar sebagai juara di MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Ahad (30/6). Kemenangannya sekaligus menyudahi puasa gelarnya tahun ini.

Di posisi kedua tampil jagoan Honda Repsol Marc Marquez yang kali ini diyakini bermain save. Di belakangnya rookie tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo.

Ketiga pembalap terdepan pada awal-awal balapan terus saling salip. Sampai akhirnya Vinales meninggalkan keduanya untuk menjejak finish pertama.

Sementara posisi finis empat dan lima diraih pembalap Misson Winnow Ducati Andrea Dovizioso dan pembalap Satelit Petronas Yamaha SRT lainnya, Franco Mobdidelli.

Pembalap Mission Winnow Ducati Danilo Petrucci dan Satelit LCR Honda Castrol Cal Crutchlow masing-masing menyelesaikan balapan di posisi keenam dan ketujuh.

Tiga pembalap lain yang melengkapi posisi sepuluh besar adalah pembalap Suzki Ecstar Joan Mir, pembalap Satelit Pramac Racing Ducati Jack Miller, dan pembalap Aprilia Andrea Iannone.

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins yang sempat memimpin balapan mengalami kecelakaan dan tak mampu melajutkan balapan lagi. Ia terjatuh saat balapan baru berlangsung dua lap.

Memulai balapan dari posisi start 14, pembalap Monster Energy Yamaha Valentini Rossi juga terjatuh dalam insiden yang menyeret pembalap Satelit LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami di Tikungan 8 di lap keempat.

Kabar lain dari pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo sebelumnya memastikan tak ikut balapan karena mengalami cedera. Lorenzo terluka dan menderita cedera patah tulang belakang di sesi FP1 pada Jumat (28/6) lalu.

Cedera Lorenzo kali terbilang cukup berat dan butuh waktu pemulihan empat pekan. Selain MotoGP Belanda akhir pekan ini, Lorenzo juga akan melewatkan seri MotoGP Jerman akhir pekan depan.

X-Fuera diharapkan bisa kembali ke lintasan di seri Ceko mendatang yang akan berlangsung pada awal Agustus mendatang. (lan)