Bill Gates

Kastara.ID, Jakarta – Pendiri Microsoft Bill Gates mengungkapkan ada dua jenis vaksin untuk mencegah infeksi virus coronaSARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Pertama, karakteristik vaksin yang dapat mencegah seseorang terpapar virus corona baru. Lalu vaksin yang memungkinkan seseorang yang terpapar Covid-19 tidak menginfeksi orang lain. Untuk vaksin yang kedua, vaksin itu tidak dapat menjamin bakal menghambat transmisi virus corona secara sempurna.

“Jika itu adalah vaksin yang hebat, termasuk memblokir penularannya, semua akan mendapat manfaat bahwa 70 sampai 80 persen orang akan menggunakan vaksin itu,” kata Gates seperti dilansir CNN.

Lebih lanjut, ia memprediksi vaksin virus corona SARS-CoV-2 (nama penyakitnya Covid-19) akan tersedia pada akhir 2020 atau awal 2021 mendatang.

“Kita seharusnya bisa mendapatkan kekebalan kelompok (herd immunity). Jadi hal itu secara eksponensial menurunkan angka (penurunan angka kasus Covid-19),” tutur Gates.

Menyoal vaksin, yayasan sosial yang didirikan Gates dan istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation beberapa waktu lalu telah menambahkan dana sekitar US$ 1,6 miliar untuk pengembangan vaksin Covid-19. Sejauh ini total dana yang telah diinvestasikan Gates untuk membuat vaksin sebesar US$ 5,7 miliar dengan harapan bisa menyelamatkan 8 juta jiwa.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Amerika Serikat telah melampaui angka 2.5 juta kasus, Ahad (28/6), membuat upaya pemulihan ekonomi negara tersebut kembali mundur setelah lonjakan kasus terjadi di Florida.

AS masih menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbesar, sebanyak sepertiga dari seluruh kasus yang ada di dunia. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 9,9 juta kasus Covid-19 terjadi di dunia. (har)