Kereta Api Bandara Soetta

Kastara.ID, Jakarta – Pihak operator kereta bandara, PT Railink akan kembali mengoperasikan layanan penumpang yang ingin menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta KA Bandara tersebut mulai beroperasi 1 Juli 2020.

“Kereta Api Bandara Soetta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020,” ujar Plt Direktur Utama Railink Mukti Jauhari, dalam pernyataannya, di Jakarta, Selasa (30/6).

Pengoperasian kembali Kereta Api Bandara ini diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum.

Tujuannya, dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona (Covid19) dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Karena itu, Railink telah menyusun langkah-langkah adaptasi kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di area stasiun dan saat di dalam perjalanan Kereta Api Bandara. Antara lain, wajib memakai masker ketika berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan Kereta Api Bandara.

“Wajib menjaga jarak minimal satu meter atau mengikuti tanda atau marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas,” ujarnya menambahkan.

Di samping itu, Railink tengah mempersiapkan layanan yang lebih prima di tatanan New Normal. Seperti penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, dan hand sanitizer.

Selain itu, juga menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta.

“Hari ini kami melaksanakan rapid test bagi seluruh petugas dan karyawan PT Railink dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua petugas kami dalam kondisi sehat dan siap melayani penumpang KA Bandara mulai tanggal 1 Juli nanti,” pungkasnya. (ant)