Big Data

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun 2019 saat Pelatihan Dasar (Latsar) untuk memiliki sikap, karakter, dan nilai kepribadian Aparatur Sipil Negara yang profesional sebagai alat untuk mencapai tujuan negara Indonesia.

“ASN Kemenkeu harus memiliki sikap, karakter, dan nilai kepribadian yang dia sadar sesadar-sadarnya bahwa kalian adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara. Maka, kita melatih kalian dan mengingatkan kembali kepada tujuan kalian berada disini bahwa kalian adalah bagian dari negara Republik Indonesia dan kalian adalah alat untuk mencapai tujuan negara,” ujar Menkeu dalam acara “Bincang Hangat Bersama Menteri Keuangan RI” di Wisma Duta Wiyata, Jakarta, Selasa (30/7).

Pelatihan Dasar (Latsar) bertujuan untuk menanamkan kesadaran kepada para peserta bahwa mereka secara sukarela dan sadar telah menyediakan diri untuk mengabdi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan ikut memperjuangkan tujuan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, Menkeu juga mengingatkan kepada para CPNS tentang tugas penting yang akan mereka emban nanti. Menkeu mengatakan bahwa Kementerian Keuangan adalah Bendahara Umum Negara yang fungsinya adalah mengelola pemasukan, pengeluaran serta sekaligus kekayaan negara. Maka hal tersebut harus ditunjang dengan para ASN yang berkualitas yang ada di dalamnya.

“Menjadi pengelola keuangan negara itu berarti karakter pertama yang kalian harus miliki adalah amanah, dapat dipercaya,” tegas Menkeu. Menkeu menambahkan bahwa amanah dan integritas itu bukan hanya sekedar tidak melakukan korupsi, tapi juga tidak kenal kompromi terhadap setiap bentuk potensi pelanggaran yang akan terjadi dalam bekerja.

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan bahwa karakter selanjutnya yang harus dipunyai oleh ASN Kemenkeu adalah kompetensi dan profesionalisme. Hal ini penting untuk mendukung pelaksanaan tugas di Kementerian Keuangan yang membutuhkan inovasi yang terus menerus. Menurut Menkeu, penggunaan teknologi informasi di Kementerian Keuangan harus terus dioptimalkan untuk menunjang pekerjaan, maka harus didukung oleh pegawai yang handal dan mau terus untuk belajar.

Menkeu mengingatkan kepada para CPNS bahwa jangan puas dengan pencapaian yang telah diraih sampai saat ini sebagai pegawai Kementerian Keuangan. “Jangan pernah merasa bahwa chapter kalian sudah selesai dengan ini. Kalian masih punya banyak chapter yang akan ditulis dalam hidup dan dalam karir kalian nanti,” ujar Menkeu. (mar)