Hong Kong, China

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo telah mewakili Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto memimpin Delegasi Indonesia pada Pertemuan Konsultasi AEM-Hong Kong, China (AEM-HKC) ke-4.

Dirjen Iman mengungkapkan, para menteri mendorong implementasi penuh persetujuan ASEAN-Hong Kong, China Free Trade Agreement (AHKFTA) dan ASEAN-Hong Kong, China Investment Agreement (AHKIA) oleh semua pihak pada tahun ini mengingat Kamboja masih dalam tahap akhir proses prosedur internal ratifikasi.

“Indonesia telah mengimplementasikan Perjanjian AHKFTA dan AHKIA sejak 4 Juli 2020. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan sektor swasta akan melakukan serangkaian outreach program untuk menginformasikan para pemangku kepentingan mengenai fasilitas dan preferensi yang ditawarkan perjanjian ini,” ujar Iman, dalam siaran persnya, Ahad (30/8).

Para menteri menyerukan pentingnya tindakan kolektif dan kerja sama internasional untuk bangkit menghadapi dampak ekonomi Covid-19 yang dapat dilakukan melalui melalui AHKFTA dan AHKIA.

Iman menambahkan, guna memanfaatkan perjanjian tersebut, Indonesia akan menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) di Jakarta untuk meningkatkan bisnis antara Indonesia dengan Hong Kong dan Tiongkok, sekaligus memanfaatkan Hong Kong dan Tiongkok sebagai batu loncatan penetrasi yang lebih dalam ke pasar Tiongkok.

Pada pertemuan tersebut, para menteri juga menyambut baik tahap 1 proyek proposal Economic and Technical Cooperation (ECOTECH) Work Program 2020 dan mendorong agar proyek tersebut segera dilaksanakan pada tahun ini. (mar)