PR Award

Kastara.id, Jakarta – Banyak cara dilakukan untuk bisa meraih dan membangun kepercayaan pelanggan, termasuk melalui kegiatan public relations (hubungan masyarakat, humas) yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Apalagi kepercayaan pelanggan adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Capaian perusahaan yang baik disertai agenda humas yang positif inilah yang membawa Asuransi Astra meraih penghargan Indonesia Insurance Consumer Choice Award dan Indonesia Public Relations Excellence Award.

Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 yang digelar Rabu (27/9) lalu merupakan apresiasi yang diberikan Majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan asuransi yang memiliki kinerja baik disertai inovasi produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta mampu memberikan inspirasi bagi perusahaan asuransi lainnya untuk terus berkembang. Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 ini dibagi menjadi dua kategori besar yaitu penghargaan berdasarkan performa keuangan perusahaan dan penghargaan berdasarkan pilihan pelanggan.

Dalam penilaian penghargaan berdasarkan performa keuangan perusahaan, tim riset Warta Ekonomi melakukan pendekatan analisa laporan keuangan tahun 2015–2016. Untuk kategori ini, Asuransi Astra memperoleh penghargaan Best Financial Performance General Insurance Company – Category Asset More Than Rp 10 Trillion.

Sedangkan penilaian penghargaan berdasarkan pilihan pelanggan dilakukan melalui metode telephone survey dengan menggunakan kuisioner terstruktur terhadap responden yang merupakan pelanggan berbagai perusahaan asuransi yang sudah memiliki polis selama minimal satu tahun. Dalam kategori ini, Asuransi Astra meraih penghargaan Most Victorious General Insurance dan produk asuransi mobil Garda Oto mendapatkan penghargaan Best Consumer Choice Insurance Company – Category Vehicle Insurance.

Sementara itu, pada Jumat (29/9), kinerja tim humas Asuransi Astra meraih penghargaan sebagai The Most Popular Company dalam Indonesia Public Relations Excellence Award 2017 yang juga diinisiasi oleh Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan, kementerian, lembaga, maupun tokoh bisnis yang menjalankan kinerja humasnya dengan baik hingga bisa menjadi panutan untuk yang lainnya.

Pada penghargaan ini, Majalah Warta Ekonomi melakukan penelitian melalui kegiatan media monitoring yang dilakukan dengan cara media content analysis, yaitu menganalisis isi berita yang terfokus pada media online selama tujuh bulan terakhir, dimulai dari Januari-Juli 2017. Media online yang digunakan terdiri dari 40 media online nasional dan 12 media online Asia.

Menurut SVP Business Management Asuransi Astra Adrianto, saat ini keberadaan humas memang sudah tidak bisa dipisahkan dari sebuah perusahaan. “Saya rasa pencapaian kami sebagai perusahaan pilihan pelanggan yang memiliki kinerja keuangan terbaik pun tidak terlepas dari performa tim PR yang baik. Sehingga masyarakat mampu menangkap dan merasakan sendiri pesan positif yang kami sampaikan dengan baik. Semoga ini terus menjadi motivasi kami dalam memberikan layanan yang semakin memudahkan tapi berkesan,” jelas Adrianto. (dwi)