Headline

Sukmawati dan Arteria Dahlan Debat Soal Partai Komunis Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Sukmawati Seokarnoputri membuat pernyataan kontroversial. Saat menjadi narasumber Indonesia Lawyer Club (ILC) di tvOne, Selasa (29/9), Sukmawati mengatakan Partai Komunis Indonesia (PKI) menganut ideologi Pancasila. Itulah sebabnya Sukmawati menilai kahadiran PKI tidak perlu dipermasalahkan.

Putri Presiden pertama Indonesia, Soekarno itu mengaku menerima informasi dari tokoh senior Partai Nasional Indonesia (PNI). Tanpa menyebut siapa namanya, tokoh senior tersebut menurut Sukmawati saat ini sudah meninggal dunia.

Sukmawati yakin komunis sudah tidak ada secara ideologi. Namun adik kandung mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini mengakui bisa saja kader komunis bawah tanah atau underground masih hidup. Apakah kader komunis underground setuju dengan ideologi Pancasila, Sukmawati mengaku tidak tahu.

Meskipun begitu, ia tak mengetahui apakah kader komunisme bawah tanah tersebut masih menyetujui senior terdahulunya dengan ideologi Pancasila atau tidak. Termasuk apakah mereka bercita-cita mendirikan komunisme ala Uni Soviet dan China.

Namun Sukmawati yakin komunisme tidak akan bangkit. Pasalnya Indonesia bukan negara kekaisaran atau feodalisme.

Sementara politisi PDIP Arteria Dahlan menilai isu kebangkitan PKI yang selalu digembar-gemborkan hanyalah menciptakan kebencian. Saat tampil di acara yang sama, Arteria menegaskan isu PKI sudah tidak ada ruang dan tidak bisa dicerna. Bahkan isu itu justru kontraproduktif.

Arteria menambahkan, isu PKI sejatinya sudah kadaluarsa lantaran substansinya sudah sirna. Isu itu terbukti gagal dan lekang oleh waktu. Namun selalu dihembuskan karena isu PKI paling mudah dan murah untuk mengadu domba. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…