IDRIS

Kastara.Id,Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus berupaya mencapai wilayah bebas dari buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen.

Untuk itu, tahun ini sebanyak 22 kelurahan dan 11 Kecamatan di Kota Depok mengikuti deklarasi Open Defecation Free (ODF) di aula teratai Gedung Balai Kota Depok, Jumat (30/9).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan, intervensi Pemkot Depok salah satunya dengan menyelenggarakan upaya kesehatan lingkungan yang bersih dan sehat melalui strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Lima pilar, seperti Stop BAB Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

“Pilar pertama dari STBM adalah ODF atau stop buang air besar (BAB) sembarangan.

Deklarasi ini dilakukan untuk seluruh kelurahan yang belum menyelesaikan ODF dan akan mendukung percepatan ODF,” ucapya usai menghadiri acara Deklarasi ODF Kota Depok.

Mohammad Idris menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan kepada seluruh wilayahnya yang sudah mendeklarasikan ODF.

Pengawasan akan dilakukan bersama Puskesmas, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) hingga PKK.

“Kalau masih ada warga yang bab sembarangan segera lapor dan catat alamatnya pastikan ada petugas akan datangi,” tutupnya.