Surakarta

Kastara.ID, Surakarta – Dukungan terhadap pencalonan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wali Kota Surakarta terus mengalir. Meski mendapat penolakan dari partai tempatnya bergabung, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surakarta, Gibran justru mendapat banyak dukungan dari beberapa partai politik (parpol).

Setelah Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), kini Partai Gerindra juga turut memberikan dukungan. Bahkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Surakarta Ardianto Kuswinarno bakal memasangkan Gibran dengan cucu Proklamator Indonesia, Soekarno, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Pria yang akrab disapa Puandra ini adalah putra dari Sukmawati Soekarnoputri hasil pernikahannya dengan KGPAA Mangkunegoro IX.

Saat berbicara kemarin (29/10), Ardianto menyatakan pasangan Gibran dan Puandra sangat cocok memimpin Kota Surakarta atau Solo. Gibran yang berlatar belakang pengusaha dan Puandra yang seorang seniman-budayawan diyakini bakal membawa Kota Sola menjadi lebih maju tanpa meninggalkan akar budaya.

Ardianto menambahkan, selain seorang seniman, Puandra juga memiliki pengalaman politik. Pasalnya pemilik rumah produksi tari Adicipta Pundrakarna Production ini tercatat pernah menjadi anggota DPRD Kota Surakarta periode 2009-2014 dari Fraksi PDIP. Namun lulusan Jurusan Desain Grafis, Universitas Trisakti, Jakarta ini mengundurkan diri pada 2011.

Pengalaman politik itu menurut Ardianto bakal membuat Puadra bisa cepat belajar.

Meski demikian, Ardianto menegaskan rencana menyandingkan Gibran dan Puandra memimpin Kota Solo baru sebatas wacana. Nantinya biarlah koalisi parpol yang akan menentukan. Ardianto mengakui Partai Gerindra yang hanya memiliki tiga kursi di DPRD Surakarta harus berkoalisi dengan parpol lain. Namun Ardianto mengaku suasana koalisi parpol saat ini masih cair. (yan)