Liga 1 Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 tidak bisa dilanjutkan hingga akhir 2020. Kepastian ini diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Rabu 28 Oktober 2020.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, Liga 1 dan Liga 2 kemungkinan bakal digelar pada awal 2021. Itulah sebabnya PT LIB dan PSSI tengah berupaya merancang formula yang tepat diterapkan dalam lanjutan Liga 1dan Liga 2 tahun depan.

Keputusan penundaan kompetisi hingga awal tahun lantaran tak kunjung keluarnya izin keramaian dari pihak kepolisian. Padahal PSSI semula merencanakan kompetisi bergulir kembali pada November 2020 setelah terhenti akibat pandemi Covid-19.

Sementara dalam keterangannya (29/10), Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita belum bisa memastikan seperti apa formula kompetisi yang bakal dipakai. Hadian juga enggan menerangkan apakah pertandingan pada awal 2021 menjadi musim baru atau kelanjutan dari musim 2020.

Hadian menyatakan, pihaknya akan menggelar rapat pada pekan depan guna menentukan langkah apa yang akan diambil. Hal ini menyusul hasil keputusan rapat Exco PSSI.

Kompetisi Liga 1 sejatinya berjalan sejak 29 Februari 2020. Namun terhenti saat memasuki pekan ketiga. PSSI memutuskan menangguhkan kompetisi akibat pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membesar. (tra)