Headline

Penghargaan Donor Darah Sukarela Diberikan oleh PMI DKI

Kastara.ID, Jakarta – PMI DKI Jakarta memberikan penghargaan bagi 160 pendonor darah yang telah lebih dari 50 kali menyumbangkan darahnya. Pemberian piagam penghargaan ini dilangsungkan di Lantai Lima Aula Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya Nomor 47, Jakarta Pusat.

Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, Niken Ritchie mengatakan, penghargaan ini diberikan atas dukungan Pemprov DKI Jakarta dan bentuk apresiasi PMI DKI Jakarta kepada masyarakat yang telah mendonorkan darahnya tanpa pamrih.

“Para pendonor kali ini mendapatkan sertifikat sekaligus piagam berbentuk emas batangan seberat 0,5 gram,” ujar Niken, Sabtu (30/10).

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi menuturkan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mengakui para pendonor darah sebagai pahlawan kemanusiaan serta mempromosikan contoh yang mereka cerminkan kepada warga DKI Jakarta. Menurutnya, DKI Jakarta membutuhkan 1.000 hingga 1.200 kantong darah per hari, di mana PMI DKI Jakarta melayani lebih dari 400 rumah sakit wilayah DKI dan sekitarnya.

“Nanti setelah ini akan ada penghargaan ke-75, 100, hingga 150 kali. Diharapkan, kampanye ini menjadi contoh untuk dapat menggerakkan orang mendonorkan darahnya setiap dua bulan sekali,” katanya.

Para pendonor darah ini umumnya tak mengetahui penerima donor darahnya dan juga tak menerima imbalan dalam bentuk apa pun. Promosi ini dipandang penting untuk menularkan semangat kemanusiaan kepada warga lainnya di ibukota.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Sulung Mulia Putra mendukung pemberian penghargaan ini. Terlebih acara ini juga dilangsungkan dengan protokol kesehatan ketat seperti wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Ketika awal-awal pandemi, kondisi kantong darah sempat menurun. Tapi sekarang dengan berbagai program dan kolaborasi yang dijalankan PMI, Alhamdulillah ketersediaan stok darah kembali normal. Manfaat donor darah ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh,” ucapnya.

Budi Tjahyono (68), warga Jakarta Barat sebagai salah satu penerima penghargaan yang telah lebih dari 50 kali mendonorkan darahnya mengaku senang dan bersyukur. Menurutnya, penghargaan yang diterimanya itu akan dijadikan kenang-kenangan dan bukti bagi anak dan cucunya.

“Saya kali pertama mendonorkan darah pada tahun 1982 saat membuat SIM di mana saat itu untuk pembuatan SIM mensyaratkan mengikuti donor darah. Alhamdulillah hingga kini tercatat saya sudah 104 kali mengikuti donor darah,” tuturnya.

Ia mengaku dengan mengikuti donor darah secara rutin dapat lebih menyehatkan tubuhnya sekaligus bisa membantu sesama. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…