Uhamka

Kastara.ID, Jakarta – Didampingi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga Ketua Badan Pembina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Menara GuruMu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uhamka. Acara tersebut berlangsung di FKIP Uhamka Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (30/11).

Kepada sejumlah awak media, Ketua MPR menegaskan di mana pun negara di dunia ini tidak ada yang tidak membutuhkan guru. Semua membutuhkan guru, semua memerlukan pendidikan. Bahkan keberhasilan pendidikan akan mempengaruhi wajah dunia di masa yang akan datang.

“Sudah ada penelitian yang menggambarkan sembilan negara penguasa dunia di masa depan. Antara lain, Singapura, Makao, Korea Selatan, Hongkong, dan Vietnam, sementara Indonesia tidak masuk dalam urutan kesembilan negara tersebut,” kata Ketua MPR menambahkan.

Kesembilan negara yang diperkirakan akan menguasai dunia, itu karena mereka memiliki sistem pendidikan yang baik. Di negara-negara tersebut, generasi mudanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, juga pelajaran matematika secara baik. Sedangkan Indonesia, saat ini hanya menempati urutan ke 62.

“Sumber Daya Manusia kita masih jauh dibanding negara-negara lain, apalagi yang menempati sembilan negara teratas. Karena itu kita harus mengejar, kita harus berlari, agar tidak semakin jauh ketinggalan,” imbuh pria yang kerap disapa Zulhas ini.

Zulkifli menambahkan, dirinya mendukung segala upaya yang dilakukan, baik oleh pemerintah maupun Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas guru pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya. Karena semua itu memang penting, agar bangsa Indonesia bisa menghasilkan generasi muda yang semakin berkualitas di masa yang akan datang. (rya)