Sepeda

Kastara.ID, Jakarta – Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memfasilitasi jalur khusus bagi pesepeda didukung oleh Pandam Jaya dan Kapolda Metro Jaya.

Pangdam Jaya Mayjen (TNI) Eko Margiyono mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah membangun jalur sepeda sepanjang 63 kilometer. Tujuannya untuk mendorong masyarakat agar menggunakan sepeda sebagai kendaraan bebas emisi dalam berkegiatan sehari-hari.

“Saya mengajak warga Jakarta menyukseskan program Jakarta Ramah Sepeda, sehingga bisa menjadi contoh untuk daerah lain. Kami akan ikut menyosialisasikan kebijakan ini,” ujarnya, usia mengikuti Olahraga Bersama TNI-Polri dan Forkopimda DKI Jakarta, Sabtu (30/11).

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono menambahkan, kendaraan bermotor jumlahnya semakin bertambah di Jakarta. Untuk itu, sepeda bisa menjadi alternatif transportasi dalam berkegiatan, terlebih bersepeda memberikan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan.

“Motor dan mobil bertambah terus, didasari kegiatan ini, kalau orang mengubah bisa menggunakan sepeda kita bisa tertib lalu lintas, dan mengurangi polusi, dan bagus untuk kesehatan kita,” ungkapnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, penggunaan kendaraan bebas emisi seperti, sepeda perlu sosialisasi dan dikampanyekan secara masif.

“Saya menyambut baik dukungan Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya terhadap progam Jakarta Ramah Sepeda. Sepeda itu jangan dipandang sebagai alat olahraga, tapi sebagai alat transportasi,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan bersepeda bersama ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas antar jajaran TNI-Polri dan Forkopimda di Jakarta.

“Melalalui olahraga bersama-sama, kebersamaan kita bukan saja pada saat bekerja tapi kebersamaan dibangun lengkap termasuk dengan berolahraga bersama,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 2.845 peserta mengikuti kegiatan fun bike pada acara Olahraga Bersama Forkopimda DKI Jakarta.

Rute yang ditempuh sepanjang 25 kilometer dimulai dari Markas Kodam Jaya, Kramat Jati, Jakarta Timur dan berakhir di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (hop)