Din Syamsuddin

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin mengatakan, Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempunyai utang kepada beberapa rumah sakit milik Muhammadiyah. Din menyebut jumlahnya mencapai Rp 1,2 triliun.

Saat menghadiri acara Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Launching Count Down Menuju Muktamar, Solo, Jawa Tengah (28/12), Din menyebut semula informasi yang beredar utang BPJS Kesehatan sebesar Rp 350 miliar. Namun setelah dikonfirmasi ke beberapa Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah ternyata jumlahnya adalah Rp 1,2 triliun.

Pada video yang akun twitter @TVMuhammadiyah pada Ahad (29/12) kemarin, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menambahkan Muhammadiyah tidak akan menagih utang tersebut secara menggebu-gebu. Pasalnya organisasi yang dididirikan KH Ahmad Dahlan itu berprinsip selalu memberi dan melayani.

Muhammadiyah menurut Din menganggap hal itu sebagai sumbangsih kepadada bangsa dan negara. Meski demikian Din menegaskan Muhammadiyah tetap membutuhkan uang tersebut. (ant)