Ragunan

Kastara,ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan reaktivasi dua rute, Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F) dan Kampung Melayu-Ragunan (5N).

Pengoperasian dua rute tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan dan upaya memenuhi kebutuhan mobilitas warga.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris menjelaskan, Transjakarta menyediakan empat single bus untuk rute Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F) yang akan melayani masyarakat setiap Senin sampai Jumat.

Rute ini akan melayani masyarakat pada jam sibuk saja mulai pukul 05.00-10.00 dan pukul 15.00-21.30 WIB.

Betris mengatakan, pelanggan yang ingin menggunakan rute ini diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang terdapat di dalam bus dengan tarif reguler Rp 3.500.

“Dengan adanya rute 1F, diharapkan dapat mempermudah masyarakat, baik menuju Stasiun Palmerah maupun berpindah moda transportasi lain menuju lokasi tujuan,” ungkap Betris, Senin (31/1).

Sedangkan rute Ragunan-Kampung Melayu (5N), PT Transjakarta menyediakan delapan unit single bus yang akan melayani setiap hari mulai pukul 05.00-21.30 WIB.

Untuk dapat menikmati layanan ini masyarakat diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada gate halte dengan tarif regular Rp 3.500 dan akan ada perubahan pada titik pemberhentian akhir.

“Dalam hal ini, titik ujung di Ragunan akan berada di Halte Ragunan. Sebelumnya berada di Terminal Ragunan,” ucap Betris.

Betris menambahkan, pembukaan rute Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F) ini merupakan rute ke 169 dan Kampung Melayu-Ragunan (5N) merupakan rute ke-170 yang dioperasikan di masa pandemi ini.

“Rute lainnya akan kembali dibuka secara bertahap ke depannya. Dengan harapan bisa memberikan kemudahan akan akses transportasi kepada masyarakat dalam mobilitas sehari- hari,” tandas Betris.

Berikut ruas jalan yang dilalui untuk kedua rute tersebut:

Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F)
Stasiun Palmerah-Graha Kemenpora-TVRI-Taman Ria-Senayan JCC Arah Timur-Gelora Bung Karno (GBK) – Bundaran Senayan.

Bundaran Senayan-Stasiun Palmerah
Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno (GBK)-Senayan JCC Arah Barat-DPR MPR 1-DPR MPR 2-Manggala Wanabakti-Stasiun Palmerah.

Kampung Melayu-Ragunan (5N)
Terminal Kampung Melayu-Jalan Otto Iskandardianta-Putar U-Turn Bidara Cina-Jalan Otto Iskandardinata-Jalan KH Abdullah Syafe’I-Jalan Tebet Utara Dalam-Jalan Tebet Raya-Jalan Prof. DR. Soepomo-Jl. Gatot Subroto-Jalan Kapten Tendean-Jalan Mampang Prapatan-Jalan Duren Bangka-Jalan Kemang Utara-Jalan Kemang Timur-Jalan Ampera Raya-Jalan TB Simatupang-Putar U-Turn Deptan-Jalan TB Simatupang-Jalan Cilandak KKO-Jalan Margasatwa Barat-Jalan Saco-Ragunan.

Ragunan-Kampung Melayu
Ragunan-Putar U-Turn Jalan RM Harsono-Jalan Saco-Jalan Kavling Polri-Jalan Paso-Jalan Moh Kahfi 1-Jalan Margasatwa-Jalan Cilandak KKO-Jalan Ampera Raya-Jalan Kemang Timur-Jalan Kemang Utara-Jalan Kemang Utara IX-Jalan Mampang Prapatan Raya-Underpass Mampang- Naik dan Putar di U- Turn Kuningan Barat-Jalan Kapten Tendean-Jalan Gatot Subroto-Jalan Prof. DR. Soepomo-Jalan Tebet Raya-Jalan Tebet Utara 1-Jalan KH Abdullah Syafei-Putar di Kolong FO Saharjo-Jalan KH Abdullah Syafei-Jalan Raya Jatinegara Barat-Jalan Jatinegara Barat 3-Jalan Jatinegara Timur-Jalan Otto Iskandardinata-Putar U-Turn Bidara Cina-Terminal Kampung Melayu. (hop)