Ikan Makarel

Kastara.id, Palu – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lagi tiga merek ikan makarel kalengan bercacing di empat tempat di Kota Palu.

Ada tiga merek ikan makarel yang diduga bercacing ditemukan pada pemeriksaan Kamis (29/3), yakni ABC makarel dalam saus tomat dan ekstra pedas, GAGA makarel saus tomat dan cabai, dan MAYA makarel saus tomat.

Dijelaskan Kepala BPOM Palu Safriansyah, ketiga merek ikan makarel kalengan bercacing tersebut ditemukan masing-masing di gudang Bumi Nyiur Swalayan (BNS), gudang Transmart Carefour, gudang Alfamidi, dan CV Jaya Makmur Sakti selaku distributor produk ikan makarel kalengan merek ABC.

“Di gudang BNS ditemukan 46 kaleng merek ABC, 37 kaleng merek ABC di gudang Alfamidi, 5 kaleng merek GAGA, dan 7 kaleng merek MAYA di Transmart Carefour,” jelasnya di Palu, Sabtu (31/3).

Saat pemeriksaan di CV Jaya Makmur Sakti, tim BPOM menemukan 772 kaleng makarel merek ABC terdiri atas 372 kaleng ABC makarel dalam saus tomat dan 400 kaleng ABC makarel saus ekstra pedas.

Menurut Safriansyah, ratusan ikan makarel kalengan bercacing tersebut dipastikan telah ditarik dari peredaran setelah diinstruksikan oleh BPOM di Palu. “Untuk CV Jaya Makmur Sakti sudah menerima surat dari PT Heinz ABC Indonesia untuk menarik semua produk ABC makarel di pasaran,” ungkapnya.

Safriansyah juga mengimbau kepada sarana distribusi maupun sara penjualan di Kota Palu yang masih menyimpan atau menjual produk ikan makarel bercacing yang dimaksud untuk secepatnya ditarik dari peredaran. “Untuk sementara masyarakat diminta agar waspada makan ikan makarel dalam kaleng,” pungkasnya. (nad)