Pengunjung Kebun Raya Bogor Bisa Nikmati Wifi Gratis

Kebun Raya Bogor

Kastara.id, Bogor – Bulan depan, pengunjung Kebun Raya Bogor bisa mengakses internet secara gratis. Hal itu dipastikan setelah pengelola selesai memasang fasilitas WiFi untuk publik. Demikian disampaikan Kepala Subbagian Kerja Sama dan Informasi Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor-LIPI Rosniati Apriani Risna seperti dilansir Antara di Bogor, Sabtu (31/3).

“Kami sedang membangun fasilitas WiFi publik. Insya Allah bulan April bisa direalisasikan,” kata Risna.

Menurut Risna, PKT Kebun Raya Bogor bekerja sama dengan pihak swasta dalam memasang fasilitas WiFi publik. Targetnya pada akhir April sudah ada WiFi di 25 titik akses dengan jangkauan 20 sampai 30 meter dari titik akses.

“Paling banyak di kawasan lapangan dekat Tugu Dua Abad Kebun Raya Bogor,” katanya seraya menambahkan lokasi tersebut merupakan favorit pengunjung.

Baca Juga:  Alat Pantau Kualitas Udara Ini Bisa Digunakan Untuk Industri

Titik akses lainnya antara lain ada di sekitar kolam teratai raksasa, sekitar Ecodome, Museum Zoologi, Taman Teijsmann, dan halaman Geust House Nusa Indah tempat penangkaran Anggrek.

“Semoga pengunjung dapat menggunakan fasilitas wifi publik ini secara bijak, terutama untuk mengoperasikan aplikasi jelajah Kebun Raya Bogor,” katanya.

Aplikasi mobile Jelajah Kebun Raya Bogor diluncurkan tahun 2017 untuk mempermudah pengunjung mencari informasi mengenai Kebun Raya serta mencari lokasi fasilitas di Kebun Raya lengkap dengan jalur dan jarak tempuhnya. “Ada navigasinya untuk mencapai fasilitas umum terdekat, seperti toilet, tempat shalat, dan tempat makan,” katanya.

Risna menambahkan, aplikasi tersebut juga sedang direplikasi untuk diterapkan di kebun raya yang lain juga seperti Kebun Raya Cibodas.

Baca Juga:  Kiat Bijak Gunakan Wifi di Tempat Umum

“Satu aplikasi untuk semua kebun raya di Indonesia. Namanya sebentar lagi diluncurkan menjadi JAWARA kepanjangan dari jelajah belajar dan wisata di Kebun Raya Indonesia,” kata Risna.

Saat ini aplikasi Kebun Raya Bogor tercatat sudah dipasang pada 2.589 perangkat. (nad)