Kelurahan Curug

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis bersama Kelurahan Curug melaksanakan gebyar wisuda imunisasi. Sebanyak 39 balita se-Kelurahan Curug yang telah melengkapi imunisasi dasar, diberi sertifikat dan bingkisan.

“Alhamdulillah, 39 balita sudah melengkapi imunisasi dasar. Mudah-mudahan ke depan jumlahnya terus meningkat,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis Lina Herliana yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (31/3).

Dikatakannya, imunisasi dasar terdiri dari beberapa jenis vaksin. Di antaranya Hepatitis B, Bacillus Calmette-Guérin (BCG), Polio (bOPV) 1, DPT-HB-Hib 1, Polio (bOPV) 2, DPT-HB-Hib 2, Polio (bOPV) 3, DPT-HB-Hib 3, Polio 4, Inactivated Polio Vaccine (IPV), Measles and Rubella (MR), DPT-HB-Hib 4, dan MR lanjutan.

Lina menuturkan, imunisasi penting dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kasus stunting atau gagal tumbuh pada anak. Selain itu juga merupakan hak setiap anak untuk memperoleh imunisasi.

“Imunisasi sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit, kecacatan, bahkan kematian, sehingga perlu dilakukan pada anak,” tambahnya.

Sementara Lurah Curug Raden Herdandy Suherman menjelaskan, pemberian sertifikat merupakan bentuk apresiasi kepada orang tua. Jumlah tersebut hanya simbolis saja, selanjutnya akan diberikan juga kepada 122 anak yang ada di Kelurahan Curug.

“Akan diberikan kepada seluruh anak yang sudah melengkapi imunisasi dasar. Ini sebagai motivasi untuk balita lain agar menjalankan imunisasi lengkap dan bebas stunting di Kelurahan Curug,” pungkasnya. (dha)