Pasar Cisalak

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Pasar Cisalak, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Depok, setelah empat orang pedagang dikonfirmasi positif Covid-19.

Damkar langsung mengadakan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pasar Cisalak, Ahad (31/5). Untuk itu diadakan penutupan sementara dan sterilisasi. Petugas Damkar Depok dan UPT Cimanggis menurunkan 15 orang dibantu dari PMI Depok 4 orang dan relawan 7 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Kota Depok Deni Romulo mengatakan, dari hasil swab test, empat pedagang terkonfirmasi positif. ”Penyemprotan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini dan besok. Untuk itu sementara Pasar Cisalak, Depok, ditutup,” ujar Deni.

Deni menambahkan, untuk penyemprotan cairan disinfektan bukan hanya di pasar saja, akan tetapi rumah ke empat pedagang yang terkonfirmasi positif di area tempat tinggalnya disemprot. ”Kami akan melakukan penyemprotan juga di tempat tinggal rumah empat pedagang yang positif agar penyebarannya tidak meluas ke tetangganya,” katanya.

Untuk penutupan Pasar Cisalak selama dua hari, pihaknya tidak menjamin bilamana dalam waktu tersebut ada penambahan kasus baru pedagang yang terjangkit.

Kepala UPT Pasar Cisalak Sutisna mengatakan, agar virus Corona di dalam gedung tidak semakin menyebar, pihak UPT Pasar Cisalak melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh area pasar. Upaya yang dilakukan UPT Pasar Cisalak ini bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Sutisna menambahkan, pihaknya sudah menyosialisasikan penutupan operasional sementara ini kepada pedagang dan pengunjung sejak dua hari kemarin. Dengan begitu, untuk saat ini aktivitas jual-beli dialihkan melalui belanja dalam jaringan (daring) atau online.

“Sejauh ini sudah 70 persen pedagang menggunakan belanja online, jadi walaupun ditutup mereka tetap bisa jual-beli. Pasar akan dibuka kembali pada Selasa 2 Juni mendatang,” (*)