Membaca

Kastara.ID, Depok – Bunda Literasi Kota Depok, Elly Farida mengajak para orang tua untuk membudayakan membaca dari rumah. Sebab, menurutnya membaca buku memiliki keterkaitan dengan kesejahteraan keluarga.

Dikatakannya, hal ini dipaparkan dalam penelitian yang berjudul Just Read dari Queenwood School for Girls di Sydney, Australia yang dimulai pada Januari 2020. Penelitian tersebut, awalnya dilakukan untuk membangun budaya dan menyulut kecintaan siswa dalam membaca.

“Namun, dalam perjalanannya diungkap fakta lain, yaitu membaca bersama di rumah sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan keluarga selama pandemi Covid-19,” tuturnya saat menghadiri Bimtek Implementasi Peraturan Perundang-undangan terkait Kearsipan dan Perpustakaan di The Green Peak Hotel and Convention, Kabupaten Bogor, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (30/5).

Elly menjelaskan, dalam penelitian lain yang dimentori oleh pakar literasi terkemuka dari Edith Cowan University, Doktor Margaret Merger yang dilakukan di sekolah dengan melibatkan seluruh guru dan siswa. Yaitu dengan melakukan metode membaca dalam hati secara berkelanjutan atau Sustained Silent Reading (SSR).

“Setiap hari para guru dan siswa diminta membaca dalam hati. Melalui metode ini, diharapkan para siswa menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan. Ini juga kita bisa terapkan di rumah,” terangnya.

Tak hanya kesejahteraan keluarga, imbuhnya, membaca juga memiliki segudang manfaat. Antara lain, mampu menjernihkan pikiran atau menghilangkan stres, menambah pengetahuan dan meningkatkan memori serta nalar seseorang.

Lalu, mendapatkan pengalaman dari orang lain tanpa harus merasakan secara langsung, meningkatkan kepercayaan diri dan menambah ketrampilan menulis. Oleh karena itu, ia mengajak para orang tua untuk mulai membudayakan membaca pada anak dari rumah.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan budaya membaca tercipta dan dengan pengetahuan baru yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tandasnya. (dha)