Dani Pedrosa

Kastara.id, Kuala Lumpur – Pembalap asal Spanyol, Dani Pedrosa, sudah resmi mengumumkan masa pensiunnya dari MotoGP beberapa pekan yang lalu. Langkah ini diambil oleh Pedrosa setelah pihak Repsol Honda tak lagi memperpanjang kontrak balapnya.

Sebelum memutuskan pensiun, Pedrosa sempat digadang-gadang akan bergabung dengan pabrikan Yamaha lewat tim satelit baru mereka, SIC Petronas Yamaha. Tapi akhirnya, Pedrosa menolak bergabung dengan tim Garpu Tala dan mantap memilih pensiun di akhir musim 2018 ini.

Petinggi sirkuit Sepang, Razlan Razali, sebagai pengelola tim satelit baru Yamaha, membenarkan bahwa pihaknya sempat mendekati Pedrosa untuk menjajaki kemungkinan bekerja sama. Namun kedua belah pihak tak mencapai kata sepakat untuk proyek baru ini.

Pria asal Malaysia itu pun menjelaskan mengapa tawarannya sampai ditolak oleh rider asal Spanyol itu. “Benar bahwa kami sempat melakukan pembicaraan dengan Pedrosa. Pada akhirnya ia bilang pada saya untuk menjelaskan mengapa dia tidak bisa bergabung untuk tahun depan,” ungkap Razali seperti dilansir Motorsport.

“Kami memang sangat ingin menggunakan jasanya untuk tahun depan di tim kami, hanya saja ia menjelaskan bawa kondisi mental dan fisiknya sudah tak sanggup untuk kompetisi ini lagi, jadi dia harus memilih pensiun,” lanjut Razali.

Bergabungnya Jorge Lorenzo ke Repsol Honda dan pensiunnya Pedrosa, semakin mempersempit pilihan tim asal Malaysia itu untuk menentukan pembalapnya. (dwi)