Lebaran Betawi

Kastara.ID, Jakarta – Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi telah menetapkan dan memberikan penghargaan kepada pemenang Rumah Adat Betawi yang ikut serta memeriahkan pelaksanaan Lebaran Betawi ke-12 di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pada 19-21 Juli.

Wakil Ketua Umum 1 Bamus Betawi sekaligus Ketua Panitia Lebaran Betawi Tahun 2019, Muhammad Rifky atau akrab disapa Eki Pitung mengatakan, untuk Juara 1 Rumah Adat Betawi diraih oleh Jakarta Barat, Juara 2 diberikan kepada Kabupaten Kepulauan Seribu, dan Juara 3 dimenangkan Jakarta Pusat.

“Kami berharap, dengan adanya penghargaan ini seluruh wilayah di Jakarta dalam penyelenggaraan Lebaran Betawi selanjutnya bisa semakin berinovasi dan kreatif untuk menampilkan yang terbaik,” ujarnya, Rabu (31/7).

Eki menjelaskan, sebagai rangkaian kegiatan Lebaran Betawi ke-12, Bamus Betawi juga memberikan penghargaan kepada penggiat silat tradisional Betawi. Untuk aliran Beksi penghargaan diberikan kepada almarhum Kong Haji Hasbulloh yang diwakili oleh putranya Kong Oleh Beksi Hasbulloh. Sedangkan untuk penggiat silat Cingkrik diberikan kepada Abdi Manaf.

Ia menambahkan, penghargaan juga diberikan kepada kepada Ulama Betawi yaitu almarhum KH Syafi’i Hadzami dan KH Syukur Yakub. Selain itu, penghargaan di bidang pendidikan dan seni budaya diberikan kepada Bambang Saputra.

“Tidak ketinggalan, Mahamim sebagai sosok seniman Betawi juga ikut kami berikan penghargaan,” terangnya.

Eki menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi sehingga pelaksanaan Lebaran Betawi ke-12 berlangsung sukses, aman, dan kondusif.

“Tentu apresiasi tinggi kami kepada Pak Gubernur dan Pak Kapolda serta seluruh jajaran maupun para stakeholder lainnya yang telah membuat acara Lebaran Betawi selama tiga hari berjalan lancar,” tandasnya. (hop)