Kastara.id, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta para penyelenggara publik memberikan pelayanan terbaik terhadap kepada masyarakat.

“Aparatur negara tidak memberikan pelayanan yang berbelit-belit maupun menyusahkan masyarakat,” ujar Asman Abnur dalam Forum Komunikasi Kebijakan PANRB dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Kupang, Nusa Tenggara Timur (30/8).

Menurutnya, pelayanan publik yang baik merupakan hak dari setiap warga Indonesia. Maka para penyelenggara negara wajib melakukannya. “Waktu saya dilantik, bapak Presiden berpesan gak usah banyak program. Yang penting jadi, terutama dalam hal pelayanan publik,” kata Asman.

Di sisi lain, saat ini pelayanan publik yang terselenggara di Indonesia telah mengalami kemajuan meskipun belum sepenuhnya berjalan optimal. Perlu adanya percepatan peningkatan pelayanan publik, agar masyarakat dapat terpuaskan dengan terobosan inovasi pelayanan publik.

“Kunci sukses pelayanan publik adalah komitmen dari para pemimpin agar dapat mendorong para ASN-nya. Tanpa komitmen pimpinan, susah terwujudnya,” ujarĀ Asman. (nad)