Said Agil Siraj

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj meminta masyarakat termasuk warga NU menghormati Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). Pasalnya HRS termasuk bagian dari ahlul bait atau keturunan Nabi Muhammad SAW. Penghormatan kepada HRS juga dilandaskan atas semangat ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan antar umat Islam.

Permintaan itu disampaikan saat menggelar acara istighosah di halaman PBNU di kawasan Kramat Raya, Jakarta, semalam (30/10). Said menjelaskan, dalam Al Quran suray Asy Syuro, Allah SWT meminta umat Islam menghormati dan mencintai keturunan Nabi Muhammad SAW.

Itulah sebabnya Said juga meminta masyarakat menghormati para habaib lainnya, seperti Habib Jindan, Habib Lutfi, Habib Syeh, dan sebagainya. Dalam acara tersebut, Said juga mengajak masyarakat berdoa untuk perjalanan pemerintahan Kabinet Indonesia Maju pimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tampak hadir dalam acara istighosah tersebut beberapa pimpinan PBNU seperti Rais Aam Miftachul Akhyar, Rais Syuriah Musthofa Aqil Siradj, Ketua Lembaga Dakwah Agus Salim, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Helmy Faishal Zaini.

Beberapa pihak pun mengaitkan permintaan Said tersebut dengan beredarnya video dukungan PBNU kepada HRS. Video yang sempat menjadi viral di laman YouTube itu dibuat okeh Wakil Sekjen PBNU Isfah Abidal Azis.

Dalam video itu, Isfah menyebut HRS berhak pulang ke tanah air. Namun Isfah menegaskan video itu adalah pendapat pribadinya dan bukan sikap resmi PBNU. (rya)