Dani Pedrosa(motogp.com)

Kastara.ID, Jerez – KTM MotoGP melakukan langkah besar di MotoGP 2019 dengan mendatangkan pembalap Prancis Johann Zarco di tim utama Red Bull KTM Factory Racing.

Selain itu, KTM juga membawa tim satelit untuk pertama kalinya, Red Bull KTM Tech3, yang diperkuat oleh pembalap Malaysia Hafizh Syahrin dan jagoan Portugal Miguel Olivera. Tak ketinggalan KTM membawa satu pembalap penguji paling unggul di Grand Prix, Dani Pedrosa, dengan bekal pengalaman belasan musim di kelas utama.

Nama Pedrosa adalah sosok yang tepat dalam posisi sebagai pembalap penguji, karena Pedrosa telah sukses menjadikan Honda mudah dikendarai semua orang. Pedrosa sendiri memutuskan untuk pensiun dari MotoGP di akhir 2018 dan menerima pinangan KTM sebagai rider penguji mesin.

Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing Mike Leitner mengatakan bahwa Pedrosa hanya murni akan bertugas sebagai pembalap penguji dan tanpa ada kemungkinan tampil di
balapan MotoGP 2019 lewat fasilitas wildcard.

“Sebenarnya itu keputusan Pedrosa dan wildcard memang bukan jadi prioritas. Kami juga harus menghormati penuh keputusannya pensiun dan tanpa harus menyeretnya kembali ke balapan. Jelas Pedrosa tak mau balapan lagi, itulah alasan mengapa ia memilih untuk pensiun,” ungkap Leitner seperti dilansir Crash.net.

Seperti diketahui, Leitner dan Pedrosa pernah bekerja sama di Repsol Honda pada kurun waktu 2004-2013. Saat itu Leitner menjabat crew chief untuk Pedrosa di Repsol Honda. (lan)