Keterampilan

Kastara.ID, Kendal – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran santri dan ulama yang turut mendoakan sehingga pertumbuhan ekonomi bisa stabil di atas lima persen.”Di tengah ekonomi dunia yang bergejolak tidak pasti sekarang ini banyak negara yang sudah masuk ke krisis, resesi. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan utamanya dari para ulama, ekonomi Indonesia tetap baik dan stabil di atas 5 persen, ini patut kita syukuri,” ujar Jokowi dalam peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) di Kendal, Jawa Tengah (30/12).

Presiden mengatakan, banyak negara yang pertumbuhannya di angka 7 persen namun karena adanya gejolak ekonomi dunia sehingga pertumbuhannya menurun drastis menjadi 0,5–6 persen.

“Sehingga sekali lagi patut kita syukuri jangan kita kufur nikmat,” imbuhnya.

Maka dari itu, dia berharap pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia sehingga berdaya saing dalam memiliki banyak keterampilan dibanding dengan negara lain.

“Inilah sekarang yang hampir semua negara mengasah skill. Keterampilan dan kejuruan diangkat. Semua negara sekarang ini persaingannya ada di situ. Bukan ijazahmu apa, bukan adu ijazah sekarang. Adu keterampilan, adu skill dan kompetensi,” katanya. (yan)