{"id":34185,"date":"2018-03-15T17:55:41","date_gmt":"2018-03-15T10:55:41","guid":{"rendered":"https:\/\/kastara.id\/?p=34185"},"modified":"2018-03-16T00:51:45","modified_gmt":"2018-03-15T17:51:45","slug":"bri-antisipasi-lindungi-nasabah-dari-kejahatan-skimming","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/kastara.id\/15\/03\/2018\/bri-antisipasi-lindungi-nasabah-dari-kejahatan-skimming\/","title":{"rendered":"BRI Antisipasi Lindungi Nasabah dari Kejahatan Skimming"},"content":{"rendered":"
Kastara.id, Jakarta \u2013 Sebagai upaya untuk menjaga transaksi nasabah dari kejahatan duplikasi kartu melalui\u00a0skimming<\/em>, Bank BRI telah mengambil berbagai tindakan untuk melindungi kepentingan nasabahnya. Langkah yang diambil BRI ini merupakan bagian dari aspek pengelolaan manajemen risiko BRI dalam upaya menjaga keamanan\u00a0transaksi dan dana nasabah, terutama di tengah menggeliatnya transaksi e-banking<\/em> di era e-commerce<\/em>, sehingga sistem keamanan dari segi teknologi informasi (IT) menjadi fokus utama saat ini.<\/p>\n Menurut Sekretaris Perusahaan Bambang Tribaroto, saat ini BRI tengah melakukan enhancement<\/em>\u00a0keamanan di teknologi e-channel<\/em> BRI. \u201cKenyamanan nasabah menjadi fokus kami, dan kami pun\u00a0menghimbau agar nasabah tidak perlu khawatir akan keamanan dalam menggunakan layanan Bank\u00a0BRI\u201d.<\/p>\n Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa interaksi BRI dengan nasabahnya adalah hal yang\u00a0fundamental bagi bank, sehingga BRI akan melakukan edukasi kepada nasabah untuk menjaga\u00a0keamanan dan kenyamanan dalam transaksi perbankan.\u00a0BRI akan mengganti semua kerugian yang dialami nasabahnya apabila hasil investigasi menunjukkan Skimming<\/em> merupakan salah satu kejahatan perbankan dengan modus\u00a0melakukan penggandaan kartu ATM nasabah. Mesin ATM ditempeli dengan alat\u00a0untuk merekam kartu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi di tempat\u00a0lain. Modus lama ini masih terus terjadi dengan teknik yang semakin canggih.<\/p>\n Menilik pada kejadian dugaan skimming<\/em> yang terjadi di Kediri, Bambang\u00a0menjelaskan bahwa pihak BRI telah menyelesaikan investigasi internal secara cepat dan seluruh dana BRI juga telah mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi terjadi hal serupa dengan berbagai\u00a0langkah yang utamanya dalam rangka untuk mengamankan uang nasabah baik dari sisi teknologi\u00a0maupun kebijakan.<\/p>\n Bambang juga mengimbau kepada nasabah agar mengganti PIN secara berkala untuk \u201cBRI terus melakukan edukasi bagi nasabahnya serta masyarakat secara umum dalam mengamankan\u00a0transaksi perbankan sehari-hari,\u201d tutur Bambang.<\/p>\n Bank BRI juga selalu memberikan edukasi keamanan bertransaksi melalui akun sosial media Twitter @kontakBRI, Facebook Bank BRI, website bri.co.id, SMS,\u00a0email, dan kantor cabang BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. (dwi)<\/strong><\/em><\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":" Kastara.id, Jakarta \u2013 Sebagai upaya untuk menjaga transaksi nasabah dari kejahatan duplikasi kartu melalui\u00a0skimming, Bank BRI telah mengambil berbagai tindakan untuk melindungi kepentingan nasabahnya. Langkah yang diambil BRI ini merupakan bagian dari aspek pengelolaan manajemen risiko BRI dalam upaya menjaga keamanan\u00a0transaksi dan dana nasabah, terutama di tengah menggeliatnya transaksi e-banking di era e-commerce, sehingga sistem […]<\/p>\n","protected":false},"author":2,"featured_media":34193,"comment_status":"open","ping_status":"open","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"_mi_skip_tracking":false,"_exactmetrics_sitenote_active":false,"_exactmetrics_sitenote_note":"","_exactmetrics_sitenote_category":0,"footnotes":""},"categories":[3,4],"tags":[4216,4035,4215],"yoast_head":"\n
\nbahwa terbukti skimming<\/em>.<\/p>\n
\nnasabah yang hilang telah dikembalikan secara penuh. BRI sendiri telah menerima 33 laporan dengan total kerugian\u00a0mencapai Rp 145 juta yang seluruhnya telah mendapat penggantian penuh dari BRI.<\/p>\n
\nmelindungi transaksinya. Selain itu, Bank BRI juga sudah menampilkan tayangan pada layar ATM berupa imbauan untuk menutupi tangan saat memasukkan PIN. Nasabah juga diimbau mengaktifkan SMS\u00a0notifikasi sehingga dapat langsung mengetahui apabila terjadi kejanggalan transaksi pada rekening, termasuk meng-install<\/em> BRI Mobile yang memiliki fitur disable card<\/em> yang memungkinkan nasabah menonaktifkan\u00a0rekening langsung dari ponsel sehingga semakin menambah keamanan rekening nasabah.<\/p>\n