{"id":84031,"date":"2020-06-17T12:07:57","date_gmt":"2020-06-17T05:07:57","guid":{"rendered":"https:\/\/kastara.id\/?p=84031"},"modified":"2020-06-17T18:20:40","modified_gmt":"2020-06-17T11:20:40","slug":"dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/","title":{"rendered":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia"},"content":{"rendered":"

Kastara.ID, Jakarta – Dable<\/a>, platform penemuanlusuran\u00a0konten (content discovery<\/i>) nomor 1 di\u00a0Asia<\/span>\u00a0dan bagian dari\u00a0Born2Global Centre<\/a>, menerbitkan “Laporan tentang Tren Konsumsi Media di Indonesia”\u00a0<\/span>(Indonesia Media Consumption Trend Report<\/i>) yang menganalisis konsumsi konten media setelah COVID-19 merebak. Laporan ini memaparkan tren-tren konsumsi media pada sejumlah perusahaan media terkemuka di\u00a0Indonesia<\/span> selama tiga bulan (sejak Februari-hingga\u00a0April 2020<\/span>). Dable telah menjadi anggota aktif dari Born2Global Centre sejak 2017.<\/p>\n

Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia. Dable menggunakan real-time big data\u00a0<\/i>dan teknologi personalisasi guna menyediakan sejumlah rekomendasi konten secara personal kepada pengunjung situs web. Rekomendasi dibuat berdasarkan beragam jati diri minat individu (seperti halnya gender, usia, minat, dan lain-lain). Hingga kini Dable memiliki kontrak telah bekerja sama dengan sekitar lebih dari 100 perusahaan media di Indonesia<\/span>, termasuk koran, majalah, dan blog ternama\u00a0diantaranya Liputan6.com, Fimela.com, Suara.com,\u00a0Tempo.co.id<\/a>, Hipwee.com, indosport.com, dan masih banyak lagi.<\/p>\n

Menurut “Laporan Tren Konsumsi Media di\u00a0Indonesia<\/span>“<\/span> yang diterbitkan oleh Dable, jumlah konten media yang dikonsumsi berkurang pada bulan Maret meningkat hingga 28%\u00a0\u00a0pada Maret dari bulan Februari. Seperti yang kita ketahui, (saat\u00a0Indonesia<\/span> melaporkan kasus COVID-19 yang pertama di bulan Maret). Setelahnya wabah COVID-19 yang terus merebak di tingkat nasional mendorong tingkat konsumsi konten pada April.<\/p>\n

Laporan Dable mengkaji dampak COVID-19 terhadap konsumsi media terbagi pada atas enam kategori (yakni Bisnis, Hiburan, Berita Umum, Berita, Regional, Olahraga), serta mengkaji dampak COVID-19 terhadap konsumsi media untuk masing-masing kategori tersebut.<\/p>\n

Konsumsi konten pada kategori “Bisnis” tercatat meningkat hingga 62% lebih tinggi pada bulan April ketimbang dibandingkan Februari\u2014laju peningkatan tertinggi di antara enam kategori konten. Hal ini \u2014terjadi seiring dengan anjloknya harga saham secara drastis akibat kekhawatiran tentang pandemi, serta besarnya minat khalayak umum terhadap isu-isu ekonomi. Pada bulan April, saat COVID-19 mulai menyebar di tingkat nasional, konsumsi konten pada kategori “Regional” memiliki laju peningkatan tertinggi kedua (yaitu 61% lebih tinggi ketimbang dibandingkan bulan Februari).<\/p>\n

Di antara sejumlah kategori konten yang dikonsumsi setiap hari, konten “Hiburan” memiliki laju peningkatan tertinggi, yakni 35% ( pada April jika dibandingkan Februari). Hal ini terjadi akibat bergesernya minat masyarakat ke berita hiburan demi mengurangi stres dari menonton paparan berita-berita tentang COVID-19. Di sisi lain, konsumsi konten “Olahraga” menurun 12% pada bulan April jika dibandingkan dengan bulan Februari, dikarenakan sejumlah pertandingan dan turnamen dibatalkan akibat COVID-19.<\/p>\n

Dable juga mengkaji tren-tren konsumsi konten berdasarkan jenis perangkat. Tingkat konsumsi melonjak pada perangkat seluler dan komputer PC seiring dengan penyebaran COVID-19. Untuk komputer PC\u00a0jika dibandingkan dengan bulan Februari, laju peningkatan mencapai 35% pada bulan Maret\u00a0ketimbang Februari, namun turun 20% dan menurun sekitar 10%\u00a0pada\u00a0bulan\u00a0April. Penurunan ini diakibatkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home<\/i>\/WFH) sejalan dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Di sisi lain, konsumsi konten pada perangkat seluler meningkat sekitar 27% pada Maret ketimbang Februari dan tetap stabil pada bulan April ketimbang Februari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan seluler tidak begitu terpengaruh dengan praktik WFH.<\/p>\n

Lee Ho<\/span>-young,\u00a0General Manager<\/i>, Dable Indonesia mengatakan, Pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap seluruh aspek sosial, termasuk perekonomian dan kebudayaan. Hal serupa terjadi pada cara kita mengonsumsi konten media. Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah akibat WFH dan PSBB memberikan kita lebih banyak waktu untuk mengonsumsi konten.<\/p>\n

“Masyarakat tak hanya tertarik pada informasi tentang virus korona COVID-19, namun mereka juga mencari cara agar kegiatan di rumah lebih menarik,” kata Lee. Namun dirinya berharap bahwa laporan ini dapat membantu untuk memahami perubahan tren konsumsi konten dan minat masyarakat di tengah pandemi COVID-19, serta topik-topik yang paling diminati masyarakat. (rfr)<\/strong><\/em><\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"

Kastara.ID, Jakarta – Dable, platform penemuanlusuran\u00a0konten (content discovery) nomor 1 di\u00a0Asia\u00a0dan bagian dari\u00a0Born2Global Centre, menerbitkan “Laporan tentang Tren Konsumsi Media di Indonesia”\u00a0(Indonesia Media Consumption Trend Report) yang menganalisis konsumsi konten media setelah COVID-19 merebak. Laporan ini memaparkan tren-tren konsumsi media pada sejumlah perusahaan media terkemuka di\u00a0Indonesia selama tiga bulan (sejak Februari-hingga\u00a0April 2020). Dable telah menjadi […]<\/p>\n","protected":false},"author":2,"featured_media":84032,"comment_status":"closed","ping_status":"open","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"_mi_skip_tracking":false,"_exactmetrics_sitenote_active":false,"_exactmetrics_sitenote_note":"","_exactmetrics_sitenote_category":0,"footnotes":""},"categories":[3,4,14],"tags":[30494,26203,30493,30495],"yoast_head":"\nDable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID<\/title>\n<meta name=\"description\" content=\"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.\" \/>\n<meta name=\"robots\" content=\"index, follow, max-snippet:-1, max-image-preview:large, max-video-preview:-1\" \/>\n<link rel=\"canonical\" href=\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\" \/>\n<meta property=\"og:locale\" content=\"id_ID\" \/>\n<meta property=\"og:type\" content=\"article\" \/>\n<meta property=\"og:title\" content=\"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID\" \/>\n<meta property=\"og:description\" content=\"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.\" \/>\n<meta property=\"og:url\" content=\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\" \/>\n<meta property=\"og:site_name\" content=\"Kastara.id\" \/>\n<meta property=\"article:publisher\" content=\"https:\/\/www.facebook.com\/redaksi.kastara.id\" \/>\n<meta property=\"article:published_time\" content=\"2020-06-17T05:07:57+00:00\" \/>\n<meta property=\"article:modified_time\" content=\"2020-06-17T11:20:40+00:00\" \/>\n<meta property=\"og:image\" content=\"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg\" \/>\n\t<meta property=\"og:image:width\" content=\"900\" \/>\n\t<meta property=\"og:image:height\" content=\"400\" \/>\n\t<meta property=\"og:image:type\" content=\"image\/jpeg\" \/>\n<meta name=\"author\" content=\"Redaksi\" \/>\n<meta name=\"twitter:card\" content=\"summary_large_image\" \/>\n<meta name=\"twitter:creator\" content=\"@kastara_id\" \/>\n<meta name=\"twitter:site\" content=\"@kastara_id\" \/>\n<meta name=\"twitter:label1\" content=\"Ditulis oleh\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data1\" content=\"Redaksi\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:label2\" content=\"Estimasi waktu membaca\" \/>\n\t<meta name=\"twitter:data2\" content=\"3 menit\" \/>\n<script type=\"application\/ld+json\" class=\"yoast-schema-graph\">{\"@context\":\"https:\/\/schema.org\",\"@graph\":[{\"@type\":\"Article\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#article\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\"},\"author\":{\"name\":\"Redaksi\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/person\/ab57a9198f1926d8f5e8354cf14edb1e\"},\"headline\":\"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia\",\"datePublished\":\"2020-06-17T05:07:57+00:00\",\"dateModified\":\"2020-06-17T11:20:40+00:00\",\"mainEntityOfPage\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\"},\"wordCount\":589,\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#organization\"},\"image\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage\"},\"thumbnailUrl\":\"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg\",\"keywords\":[\"Born2Global Centre\",\"COVID-19\",\"Dable\",\"Lee Ho-young\"],\"articleSection\":[\"Berita\",\"Headline\",\"Tekno\"],\"inLanguage\":\"id\"},{\"@type\":\"WebPage\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\",\"url\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\",\"name\":\"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID\",\"isPartOf\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#website\"},\"primaryImageOfPage\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage\"},\"image\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage\"},\"thumbnailUrl\":\"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg\",\"datePublished\":\"2020-06-17T05:07:57+00:00\",\"dateModified\":\"2020-06-17T11:20:40+00:00\",\"description\":\"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.\",\"breadcrumb\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#breadcrumb\"},\"inLanguage\":\"id\",\"potentialAction\":[{\"@type\":\"ReadAction\",\"target\":[\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/\"]}]},{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"id\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage\",\"url\":\"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg\",\"contentUrl\":\"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg\",\"width\":900,\"height\":400,\"caption\":\"Dable\"},{\"@type\":\"BreadcrumbList\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#breadcrumb\",\"itemListElement\":[{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":1,\"name\":\"Beranda\",\"item\":\"https:\/\/kastara.id\/\"},{\"@type\":\"ListItem\",\"position\":2,\"name\":\"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia\"}]},{\"@type\":\"WebSite\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#website\",\"url\":\"https:\/\/kastara.id\/\",\"name\":\"Kastara.id\",\"description\":\"Menuju Perubahan\",\"publisher\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#organization\"},\"potentialAction\":[{\"@type\":\"SearchAction\",\"target\":{\"@type\":\"EntryPoint\",\"urlTemplate\":\"https:\/\/kastara.id\/?s={search_term_string}\"},\"query-input\":\"required name=search_term_string\"}],\"inLanguage\":\"id\"},{\"@type\":\"Organization\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#organization\",\"name\":\"Kastara.id\",\"url\":\"https:\/\/kastara.id\/\",\"logo\":{\"@type\":\"ImageObject\",\"inLanguage\":\"id\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/logo\/image\/\",\"url\":\"\/wp-content\/uploads\/2022\/09\/KastaradotID.jpg\",\"contentUrl\":\"\/wp-content\/uploads\/2022\/09\/KastaradotID.jpg\",\"width\":400,\"height\":400,\"caption\":\"Kastara.id\"},\"image\":{\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/logo\/image\/\"},\"sameAs\":[\"https:\/\/www.facebook.com\/redaksi.kastara.id\",\"https:\/\/x.com\/kastara_id\",\"https:\/\/www.instagram.com\/kastaramedia\",\"https:\/\/www.youtube.com\/channel\/UCeGiiL6-Jphb0XvgjnTraWg\"]},{\"@type\":\"Person\",\"@id\":\"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/person\/ab57a9198f1926d8f5e8354cf14edb1e\",\"name\":\"Redaksi\",\"sameAs\":[\"http:\/\/kastara.id\"],\"url\":\"https:\/\/kastara.id\/author\/jie-ao\/\"}]}<\/script>\n<!-- \/ Yoast SEO plugin. -->","yoast_head_json":{"title":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID","description":"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.","robots":{"index":"index","follow":"follow","max-snippet":"max-snippet:-1","max-image-preview":"max-image-preview:large","max-video-preview":"max-video-preview:-1"},"canonical":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/","og_locale":"id_ID","og_type":"article","og_title":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID","og_description":"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.","og_url":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/","og_site_name":"Kastara.id","article_publisher":"https:\/\/www.facebook.com\/redaksi.kastara.id","article_published_time":"2020-06-17T05:07:57+00:00","article_modified_time":"2020-06-17T11:20:40+00:00","og_image":[{"width":900,"height":400,"url":"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg","type":"image\/jpeg"}],"author":"Redaksi","twitter_card":"summary_large_image","twitter_creator":"@kastara_id","twitter_site":"@kastara_id","twitter_misc":{"Ditulis oleh":"Redaksi","Estimasi waktu membaca":"3 menit"},"schema":{"@context":"https:\/\/schema.org","@graph":[{"@type":"Article","@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#article","isPartOf":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/"},"author":{"name":"Redaksi","@id":"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/person\/ab57a9198f1926d8f5e8354cf14edb1e"},"headline":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia","datePublished":"2020-06-17T05:07:57+00:00","dateModified":"2020-06-17T11:20:40+00:00","mainEntityOfPage":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/"},"wordCount":589,"publisher":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/#organization"},"image":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage"},"thumbnailUrl":"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg","keywords":["Born2Global Centre","COVID-19","Dable","Lee Ho-young"],"articleSection":["Berita","Headline","Tekno"],"inLanguage":"id"},{"@type":"WebPage","@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/","url":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/","name":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia - Kastara.ID","isPartOf":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/#website"},"primaryImageOfPage":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage"},"image":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage"},"thumbnailUrl":"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg","datePublished":"2020-06-17T05:07:57+00:00","dateModified":"2020-06-17T11:20:40+00:00","description":"Dable ialah adalah sebuah platform penemuan lusuran konten yang mengkaji data mengkaji data dari 2.300 perusahaan media di seluruh dunia.","breadcrumb":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#breadcrumb"},"inLanguage":"id","potentialAction":[{"@type":"ReadAction","target":["https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/"]}]},{"@type":"ImageObject","inLanguage":"id","@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#primaryimage","url":"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg","contentUrl":"https:\/\/kastara.id\/wp-content\/uploads\/2020\/06\/Dable.jpg","width":900,"height":400,"caption":"Dable"},{"@type":"BreadcrumbList","@id":"https:\/\/kastara.id\/17\/06\/2020\/dable-terbitkan-laporan-tren-konsumsi-media-di-indonesia\/#breadcrumb","itemListElement":[{"@type":"ListItem","position":1,"name":"Beranda","item":"https:\/\/kastara.id\/"},{"@type":"ListItem","position":2,"name":"Dable Terbitkan Laporan Tren Konsumsi Media di Indonesia"}]},{"@type":"WebSite","@id":"https:\/\/kastara.id\/#website","url":"https:\/\/kastara.id\/","name":"Kastara.id","description":"Menuju Perubahan","publisher":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/#organization"},"potentialAction":[{"@type":"SearchAction","target":{"@type":"EntryPoint","urlTemplate":"https:\/\/kastara.id\/?s={search_term_string}"},"query-input":"required name=search_term_string"}],"inLanguage":"id"},{"@type":"Organization","@id":"https:\/\/kastara.id\/#organization","name":"Kastara.id","url":"https:\/\/kastara.id\/","logo":{"@type":"ImageObject","inLanguage":"id","@id":"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/logo\/image\/","url":"\/wp-content\/uploads\/2022\/09\/KastaradotID.jpg","contentUrl":"\/wp-content\/uploads\/2022\/09\/KastaradotID.jpg","width":400,"height":400,"caption":"Kastara.id"},"image":{"@id":"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/logo\/image\/"},"sameAs":["https:\/\/www.facebook.com\/redaksi.kastara.id","https:\/\/x.com\/kastara_id","https:\/\/www.instagram.com\/kastaramedia","https:\/\/www.youtube.com\/channel\/UCeGiiL6-Jphb0XvgjnTraWg"]},{"@type":"Person","@id":"https:\/\/kastara.id\/#\/schema\/person\/ab57a9198f1926d8f5e8354cf14edb1e","name":"Redaksi","sameAs":["http:\/\/kastara.id"],"url":"https:\/\/kastara.id\/author\/jie-ao\/"}]}},"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/84031"}],"collection":[{"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/2"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=84031"}],"version-history":[{"count":0,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/84031\/revisions"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/media\/84032"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=84031"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=84031"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/kastara.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=84031"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}