Christian Tamora Hutagalung

Kastara.ID, Jakarta – Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, pada tahun ini bakal membangun dua taman maju bersama (TMB) di wilayah Kelurahan Utan Kayu Utara dan Rambutan.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan, di Kelurahan Utan Kayu Utara taman yang akan dibangun berlokasi di Jl Utan Kayu Raya, Komplek Pengayoman, seluas 800 meter persegi. Sedangkan di Kelurahan Rambutan, taman dibangun di samping Terminal Bus Kampung Rambutan, Jl Supriyadi, seluas 1.100 meter persegi.

“Anggaran yang dialokasikan Rp 3 miliar dari APBD 2021. Saat ini kita sedang persiapkan proses lelangnya. Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam proses pelelangan dan pembangunannya nanti,” kata Christian, Senin (1/2).

Dia membeberkan, dua taman ini akan dibangun dengan konsep pocket park atau taman kantong dengan berbagai fasilitas seperti ruang dan sarana bermain anak, shelter, jogging track dan arena olahraga skateboard.

“Khusus TMB di Utan Kayu Utara, agar terlihat milenial, kita gunakan media kontainer bekas yang dipasang bersusun. Kontainer ini nantinya jadi sarana bermain anak,” lanjut Christian.

Sedangkan di Kelurahan Rambutan, karena lokasinya juga dekat dengan sekolah maka konsepnya dibuat seperti tempat literasi. Ada ruang edukasi dan literasi anak. Ruangan dilengkapi dengan perpustakaan mini, penuh dengan buku-buku bacaan.

“Kedua TMB ini menjadi bagian dari program Kegiatan Strategis Daerah (KSD),” pungkasnya. (hop)