Headline

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 di Kampung Susun Akuarium

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menggelar peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 di Kampung Susun Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 ini diadakan di Kampung Akuarium untuk memberikan perhatian secara merata terkait kesehatan bagi seluruh warga terutama warga yang ada di rumah-rumah susun salah satunya di Kampung Susun Akuarium.

“Bahwa TBC ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan tetapi seluruh dinas yang akan dilakukan melalui penandatanganan komitmen bersama gerakan eliminasi, atasi Tuberkulosis lintas sektor,” ujar Widyastuti (31/3).

Menurutnya, berbagai rangkaian peringatan digelar sejak pagi hingga sore ini. Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dibantu petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Penjaringan bersama kader kesehatan lainnya menggelar skrining kesehatan untuk mengantisipasi secara dini penyebaran penyakit TBC, penyakit tidak menular dan vaksinasi booster bagi warga, serta pelatihan relawan bagi petugas PPSU terkait penyelamatan pertama pada kecelakaan.

“Kita juga me-launching inovasi kesehatan berupa program Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) yaitu sebuah terapi pencegahan TBC melalui permainan sehingga penderita terhindar dari stigmatisasi dan diskriminasi,” tambahnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial (Kabiro Kesos) DKI Jakarta Iwan Kurniawan menambahkan, pihaknya mengapresiasi kepedulian dan respons dinas di luar Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam penanganan TBC sudah lebih baik, di mana beberapa kegiatan kesehatan telah dikolaborasikan dalam penangangannya.

“Mudah-mudahan dengan keterlibatan lintas sektor ini mempercepat eliminasi TBC di DKI Jakarta,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…