Hari Tuberkulosis Sedunia

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menggelar peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 di Kampung Susun Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2022 ini diadakan di Kampung Akuarium untuk memberikan perhatian secara merata terkait kesehatan bagi seluruh warga terutama warga yang ada di rumah-rumah susun salah satunya di Kampung Susun Akuarium.

“Bahwa TBC ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan tetapi seluruh dinas yang akan dilakukan melalui penandatanganan komitmen bersama gerakan eliminasi, atasi Tuberkulosis lintas sektor,” ujar Widyastuti (31/3).

Menurutnya, berbagai rangkaian peringatan digelar sejak pagi hingga sore ini. Tim kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dibantu petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Penjaringan bersama kader kesehatan lainnya menggelar skrining kesehatan untuk mengantisipasi secara dini penyebaran penyakit TBC, penyakit tidak menular dan vaksinasi booster bagi warga, serta pelatihan relawan bagi petugas PPSU terkait penyelamatan pertama pada kecelakaan.

“Kita juga me-launching inovasi kesehatan berupa program Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) yaitu sebuah terapi pencegahan TBC melalui permainan sehingga penderita terhindar dari stigmatisasi dan diskriminasi,” tambahnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Sosial (Kabiro Kesos) DKI Jakarta Iwan Kurniawan menambahkan, pihaknya mengapresiasi kepedulian dan respons dinas di luar Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam penanganan TBC sudah lebih baik, di mana beberapa kegiatan kesehatan telah dikolaborasikan dalam penangangannya.

“Mudah-mudahan dengan keterlibatan lintas sektor ini mempercepat eliminasi TBC di DKI Jakarta,” tandasnya. (hop)