Vaksinasi COVID-19

Kastara.ID, Depok – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita meminta Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia (Lansia) untuk ikut berkontribusi memaksimalkan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia). Dengan begitu, capaiannya dapat optimal.

“Komda Lansia kami minta bantu pemerintah untuk memotivasi anggotanya agar mau divaksin,” katanya di Aula Teratai Balai Kota, sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok (31/5).

Dikatakan Nova, sampai saat ini capaian vaksinasi lansia di Kota Depok baru mencapai 18  persen atau sekitar 142.000 orang.

“Artinya, masih cukup jauh dari total penduduk Depok yang mencapai 2,4 juta jiwa,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, lanjut Nova, para lansia belum memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat vaksin. Padahal, imbuhnya, di masa pandemi seperti ini, vaksin merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir tubuh terpapar Covid-19.

Nova menyebutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyediakan 60 titik vaksinasi. Jumlah ini tersebar di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan rumah sakit swasta.

“Kami juga lakukan pengantaran dan penjemputan lansia ke lokasi vaksin. Kantor kecamatan juga pernah dijadikan tempat vaksin, bahkan kini kami adakan upaya jemput bola,” tandasnya. (dha)