Headline

RUU Pemilu Sudah di Menteri Sekretaris Negara

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu yang disetujui DPR tengah berada di Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). “Belum ada kabar soal RUU Pemilu,” ujar Mendagri dalam keterangannya, Selasa (1/8).

Menurut Mendagri, tidak ada aturan kalau waktu penandatangan RUU akan mempengaruhi keabsahan Undang-Undang (UU). “Toh tidak ada aturan sampai sekian hari belum diteken itu tidak sah,” katanya.

Mendagri menegaskan, dengan pengesahan  RUU Pemilu, maka KPU memiliki acuan dasar untuk menyusun peraturan Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2019.

Mendagri mempersilakan, kalau ada yang ingin menggugat pasal ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold di RUU Pemilu.

“Pemerintah sendiri sejauh ini tidak ada fokus dalam revisi atau menginisiasi draf UU lainnya. Fokus sekarang adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018,” ujarnya.

Sebelumnya, DPR telah menyetujui RUU Pemilu sebagaimana opsi pemerintah, khususnya soal presidential treshold 20–25 persen. Namun sejumlah fraksi di DPR menyatakan ketidaksetujuannya dengan aksi walk out. (npm)

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…

Idris – Imam Sabet Penghargaan DPD PKS Terbanyak Raih Kursi DPRD Se Jabar

Kastara.Id,Bandung  - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan ke DPD PKS…

Bisa Menambah Koleksi Buku Untuk Pengunjung Perpustakaan Umum

kastara.Id,Depok -  Dinas Pendidikan (Disdik) menyerahkan ratusan buku, karya satuan pendidikan dari mulai Taman Kanak-Kanak…

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…