Headline

Youtuber Kembali Diingatkan Soal Bayar Pajak

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengingatkan kembali para youtuber di Indonesia untuk taat membayar pajak. Terutama pajak atas penghasilan yang diperoleh dari aktivitasnya di dunia maya. Sri Mulyani menekankan penghasilan atau pendapatan dari channel youtube dan perusahaan digital wajib dibayar pajaknya.

Saat Hari Mengajar Kementerian Keuangan Mengajar ke-5 tahun 2020 (30/11), Sri Mulyani menyampaikan pentingnya kewajiban membayar pajak bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki pendapatan di atas batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Program yang sudah dilaksanakan sejak 2016 dalam rangka peringatan Hari Oeang Republik Indonesia disampaikan Sri Mulyani di depan siswa dari 84 sekolah dari seluruh Indionesia.

Meski penghasilan tersebut didapatkan oleh anak-anak yang menjadi Youtuber, Sri Mulyani menegaskan tetap wajib membayar pajak jika memang sudah melebihi batas PTKP. Nantinya pajak tersebut akan digunakan pemerintah untuk membangun berbagai membangun infrastruktur jalan, internet, sekolah-sekolah baru, dan berbagai sarana lainnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, sudah menjadi tugas negara untuk menyediakan sarana dan infrastruktur yang diperlukan masyarakat. Menurut Sri Mulyani, penerimaan negara yang berasal dari pajak juga menjadi salah satu upaya pemerintah mencapai cita-cita negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

Diketahui pemerintah telah menerapkan pajak yotuber sudah masuk dalam pos penerimaan pajak penghasilan (PPh). Hingga Oktober 2020, tercatat pendapat negara dari pos pajak penghasilan orang pribadi (PPh OP) sebesar Rp 10 triliun. Jumlah tersebut naik 1,18 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama.

Realisasi PPh OP lebih baik jika dibandingkan PPh 21. Penerimaan dari pajak karyawan karyawan ini justru mengalami penurunan sebesar 4,58 persen. Hingga Oktobe 2020 PPh 21 terealisasi sebesar Rp 115,71 triliun. Penurunan ini disinyalir juga disebabkan karena pandemi Covid-19 yang tengah melanda tanah air. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…