Fify Mulyani

Kastara.ID, Jakarta – Upaya untuk mencegah penularan Coronavirus Disease (COVID-19) salah satunya dapat dilakukan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh (imun).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Fify Mulyani mengatakan, imun yang baik bisa didapat dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, bergizi, dan seimbang mencakup makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan, serta sayuran.

“Kita perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan Zinc yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari COVID-19,” ujarnya (1/4).

Fify menjelaskan, vitamin A membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap infeksi. Vitamin A terkandung pada wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, minyak ikan, dan kuning telur.

“Untuk Vitamin E menjadi antioksidan yang menetralkan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh. Kita memperolehnya dari almond, minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan imun juga perlu asupan Vitamin C untuk membantu pembentukan antibodi, meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi pepaya, stroberi, jeruk, tomat, jambu biji, kiwi.

“Makanan yang mengandung Zinc yang terdapat pada seafood, daging sapi, hati ayam, telur, dan keju, juga diperlukan untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Zat gizi lain dalam bahan makanan juga bermanfaat seperti B6, Folat, Selenium. Kemudian konsumsi lima porsi sayur dan buah per hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Menurutnya, selain asupan sayur, beragam buah seperti, pisang, jeruk, alpukat, nanas, apel, pepaya, dan manggis dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

“Konsumsi juga sayuran yang kaya serat dapat menjaga kekebalan tubuh seperti sayuran berdaun hijau, terong, tauge, daun singkong, labu, dan lain-lain,” ucapnya.

Fify mengingatkan, sebelum dikonsumsi, bahan-bahan makanan tersebut untuk dicuci dengan bersih, lauk dimasak matang, dan hindari gula, garam, dan lemak berlebih.

“Jangan lupa antioksidan untuk melawan radikal bebas, vitamin agar fungsi tubuh terjaga, dan mineral agar kinerja tubuh dan organ terjaga baik,” imbuhnya.

Selain konsumsi makanan dan minuman sehat, sambung Fify, dengan berjemur matahari pada pukul 10.00-11.00 WIB sekitar 15-30 menit kita bisa mendapatkan vitamin D yang dapat meningkatkan imun tubuh.

“Tidak kalah penting, kita juga harus rajin berolahraga minimal 15 hingga 30 menit setiap hari agar tubuh semakin bugar, sehat, dan kuat,” tandasnya. (hop)