Lucius Karus

Kastara.ID, Jakarta – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menyampaikan harapan publik terhadap calon pimpinan (Capim) KPK periode 2019-2023 kepada Presiden Joko Widodo agar mempertimbangkan rekam jejak mereka.

Dari 20 capim yang telah menjalani serangkaian test yang disiapkan oleh panitia seleksi (Pansel), akan dipilih hanya 10 orang saja yang akan menjadi Capim KPK. Nama tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi hari ini (2/9) untuk selanjutnya dipertimbangkan oleh DPR RI.

Lucius bahkan menyampaikan jika nama Capim tersebut sampai kepada DPR maka pertimbangannya akan pragmatis. Karena itulah harapan rakyat berada di tangan Jokowi terkait pemilihan capim KPK ini.

Jokowi juga berperan untuk menentukan suara publik dapat terakomodir dengan baik. Suara publik yang dimaksud adalah yang disampaikan oleh Koalisi Masyarakat Sipil.

Pansel dinilai kurang selektif sebab ada beberapa capim yang memiliki rekam jejak buruk masih lolos seleksi. Itulah sebabnya nasib terakhir berada pada Jokowi. (rya)