Pelindo II

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menerima bantuan sarana dan prasarana (sarpras) untuk mendukung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengolahan sampah organik menjadi bahan bakar minyak (BBM) dari PT Pelindo II (Persero) atau atau Indonesia Port Corporation (IPC).

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan, melalui pengabdian kepada masyarakat, PT Pelindo II (Persero) akan menjadi bapak asuh PAUD di Kepulauan Seribu.

“PT Pelindo II akan berkolaborasi membantu kami di bidang pendidikan dengan memberikan bantuan sarpras pendidikan serta permainan edukasi untuk PAUD,” ujarnya, saat melakukan peninjauan di Pulau Untung Jawa (2/6).

Ia menambahkan, untuk bantuan alat pengolahan sampah organik menjadi BBM saat ini sedang dilakukan kajian terlebih dahulu agar bantuan alat tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan penggunaannya.

“Kita kaji terlebih dulu kebutuhan dan volume sampah yang bisa diolah untuk menghasilkan BBM,” terangnya.

Sementara General Manager PT Pelindo II (Persero) Cabang Pelabuhan Sunda Kelapa, Kurnia Jaya menuturkan, bantuan ini merupakan bantuan dari program corporate social responsibility (CSR) untu kali ketiga setelah bantuan acropora pada kegiatan tranplantasi karang dan pemasangan ikon selamat datang di Pantai Sakura.

Total bantuan yang akan diserahkan mencapai Rp 499,7 juta yang akan dibagi dua tahap. Pada tahap pertama diserahkan Rp 190,3 juta dan sisanya sebesar Rp 309,4 juta diserahkan pada tahap kedua.

“Bantuan di antaranya akan digunakan untuk membangun rumah mesin pengolah limbah rumah tangga menjadi BBM yang dapat digunakan nelayan untuk melaut,” tandasnya. (hop)