Benny Wenda DWBenny Wenda. (DW)

Kastara.ID, Jakarta – Dituding oleh Moeldoko dan Kapolri Tito Karnavian sebagai dalang kerusuhan Papua, Benny Wenda buka suara. Ketua Persatuan Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) ini menegaskan bahwa masyarakat Papua tidak pernah menganggap Indonesia sebagai musuh.

Benny menyampaikan dari pengasingannya di Inggris bahwa perjuangan rakyat Papua adalah melawan sistem penjajahan yang terjadi di wilayah Indonesia paling timur.

Lagi, Benny malah balik menuding bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia justru berupaya memicu konflik etnis di Papua dengan mengirim milisi dan membuat kekacauan di wilayah itu.

Pemerintah Indonesia dinilai berupaya mengalihkan perhatian dunia terhadap pemberontakan “damai” warga Papua selama ini dan menegaskan bahwa rakyat Papua tidak akan terpancing dengan provokasi yang dibuat pemerintah Indonesia.

Selain itu Benny juga menyampaikan rasa terima kasih kepada rakyat Indonesia atas solidaritas mereka yang meningkat. Dari Inggris Benny serukan #WestPapuaUprising #ReferendumYes #PapuaMerdeka.

Perlu diketahui bahwa kerusuhan panjang di Papua telah menewaskan sejumlah warga sipil dan kerugian akibat kerusakan fasilitas umum.

Moeldoko dan Wiranto menuding dan menyebutkan bahwa kerusuhan Papua tentu tak lepas dari provokasi Benny Wenda yang selama ini menyebarkan hoaks alias informasi palsu soal Papua ke dunia internasional. (rya)