MotoGP 2022(twitter.com)

Kastara.ID, Jakarta – Pembalap Spanyol Marc Marquez telah sukses menjalani operasi untuk keempat kalinya pada Humerus kanan, yang berlangsung di Amerika Serikat. Hal ini disampaikan langsung oleh HRC lewat rilis resmi mereka.

“Marc Marquez telah menyelesaikan operasi pada humerus kanannya di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. Tim medis menganggap operasi itu sukses karena pemulihan Marquez dimulai. Selama tiga jam, Dr. Joaquin Sanchez Sotelo dan timnya melakukan osteotomi humerus. Operasi itu dianggap sukses tanpa komplikasi oleh Dr Sanchez Sotelo saat Marc Marquez memasuki tahap pasca operasi perawatannya di Mayo Clinic. Marquez akan tetap berada di AS selama beberapa hari mendatang untuk menjamin pemulihan segera pasca operasi sebelum kembali ke Spanyol untuk melanjutkan rencana perawatannya,” bunyi pernyataan HRC.

Dokter Sanchez Sotelo, Ketua Divisi Bedah Bahu dan Siku, Mayo Clinic, memberikan detail lebih lanjut.

“Hari ini kami berkesempatan untuk mengoperasi humerus kanan Mr. Marc Marquez. Prosedur selesai dalam waktu sekitar tiga jam. Meskipun prosedurnya rumit, hasil akhirnya memuaskan. Pembedahan terdiri dari melepas dua sekrup proksimal dari lutut, pelat posterior sebelumnya ditempatkan oleh Dr Samuel Antuna pada Desember 2020, diikuti dengan osteotomi rotasional humerus. Prosedur tersebut melibatkan pembuatan potongan melintang tulang humerus untuk memutar humerus sepanjang sumbu panjangnya. Jumlah rotasi yang dilakukan hari ini adalah sekitar 30 derajat rotasi eksternal. Humerus distabilkan diposisi baru menggunakan pelat anterior dengan banyak sekrup. Pembedahan selesai dengan lancar. Kami ingin mengucapkan semoga Mr. Marquez cepat pulih dan sukses kembali ke karir profesionalnya,” papar dokter Sotelo.

Marquez sementara ini digantikan oleh test rider HRC, Stefan Bradl mulai seri Catalunya akhir pekan ini. (tra)