Gardu Listrik

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, sudah 6.036 gardu listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah berfungsi kembali. Artinya, dari 6.138 gardu listrik di Jabodetabek hanya tersisa empat persen yang masih padam.

Saat meninjau Posko BUMN di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Ahad (5/1), Erick menjelaskan saat terjadi banjir, PLN terpaksa memadamkan aliran listrik. Hal ini guna menjaga keselamatan warga dari kemungkinan sengatan listrik atau bahaya lainnya. Erick menegaskan keselamatan masyarakat adalah nomor satu.

Itulah sebabnya untuk daerah-daerah tertenti aliran listrik masih padam. Pasalnya dibeberapa lokasi masih terdapat genangan air yang berpotensi menimbulkan bahaya jika listrik menyala.

Pemilik Mahaka Group ini berharap ke depan direksi dan komisaris PT PLN bisa lebih tanggap dalam menghadapi bencana. Kerja sama dan soliditas jajaran pimpinan PLN diperlukan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangannya mengatakan, pihaknya berusaha mendistibusikan kembali aliran listrik yang sempat padam. Hingga Ahad (5/1) pukul 10.00 WIB, di wilayah Jabodetabek masih ada 282 gardu listrik yang padam.

Suprateka menambahkan, PLN telah menurunkan 3.337 petugas untuk melakukan pemeriksaan. Termasuk tambahan petugas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemeriksaan wajib dilakukan sebelum gardu listrik dioperasikan kembali. (ant)