Italia

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Italia akhirnya mengimbau warganya untuk sementara tidak saling cium bibir dan pipi, atau bersalaman ketika bertemu dengan kekasih, saudara atau sahabat untuk menghindari penularan virus corona.

Hal ini dilakukan lantaran Italia menjadi salah satu negara yang penyebaran wabah corona terbesar dengan jumlah kematian akibat infeksi virus corona mencapai 107 orang.

Selain Pemerintah Italia juga menutup seluruh sekolah dan kampus sampai 15 Maret. Aturan lain yang diterapkan di Italia untuk mencegah penyebaran virus corona adalah warga yang sedang batuk atau bersin harus menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan. Penduduk juga dilarang berbagi gelas atau tempat minum yang sama menghindari penularan.

Italia menjadi negara Eropa dengan jumlah kasus virus corona terbesar, yakni mencapai 3.089 orang. Dari jumlah tersebut, 276 orang dinyatakan sembuh.

Pemerintah Italia juga akan menerapkan kebijakan melarang penduduk menyaksikan pertandingan liga sepakbola. Pusat penyebaran virus corona di Italia terjadi di Lombardia-Milan, serta Bologna dan Venesia.

Selain menutup sekolah dan kampus, pemerintah Italia juga mengimbau para penduduk untuk menjaga jarak satu dengan lainnya sejauh satu meter dan menghindari lokasi keramaian. (har)