Fokus Depok

Penyesuaian Kompetensi Pustakawan Terhadap Kemajuan IT

Kastara.ID, Depok – Sebagai salah satu profesional informasi, pustakawan tidak imun terhadap dampak disrupsi yang disebabkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Untuk itu, pustakawan juga harus memiliki kompetensi yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kadiskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, saat ini pustakawan harus mempunyai kompetensi yang bisa menyesuaikan dengan teknologi informasi (IT). Sebab, ke depan perpustakaan tidak hanya sekadar manajemen koleksi dan manajemen pengetahuan, melainkan perpustakaan harus hadir sebagai pusat transfer ilmu pengetahuan.

“Oleh sebab itu, kompetensi pustakawan yang harus disesuaikan dengan perubahan paradigma tersebut,” tuturnya saat kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan Tahun 2021 di Hotel Savoy Homann Bandung (4/11).

Selain melek teknologi, ujar dia, pustakawan juga harus memiliki sertifikat kompetensi sebagai pustakawan. Sebab, ada aturan-aturan yang mengatur terkait jabatan fungsional sebagai pustakawan.

“Nantinya semua pustakawan, baik di lingkungan dinas, sekolah, wilayah dan lain sebagainya, harus bisa kompetitif dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” pungkasnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…